Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 9, 2020

KRITERIA AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH

YANG MEMBEDAKAN APAKAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA'AH ATAU BUKAN ADALAH MASALAH AQIDAH BUKAN MASALAH FIQIH رَوَى أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اِفْتَرَقَتِ الْيَهُوْدُ عَلَى إحْدَى وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَتَفَرّقَتِ النَّصَارَى عَلَى اِثْنَتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً، وَتَفَرّقَتِ أُمّتِيْ عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، كُلُّهَا فِي النَّارِ إِلَّا وَاحِدَةٌ، قَالُوْا: وَمَنْ هُمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: هُمْ اَلَّذِيْ أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِيْ. Imam Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah telah meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anh; Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Kaum Yahudi telah terpecah menjadi 71 golongan, dan kaum Nasrani terpecah menjadi 72 golongan, dan umatku akan terpecah menjadi 73 golongan, semua golongan tersebut masuk neraka kecuali hanya satu golongan saja". Para sahabat bert

CIKAL BAKAL 72 GOLONGAN UMMAT MUHAMMAD SAW. YANG SESAT

CIKAL BAKAL 72 GOLONGAN UMMAT MUHAMMAD SAW. YANG SESAT 1) Al-Haruriyyah Ialah pemahaman kaum Khawarij yang mempunyai pemahaman sesat dalam perkara: Mengkafirkan Sayyidina  Ali bin Abi Thalib karena mau berdamai dengan Muawiyyah bin Abu Sufyan. Mengkafirkan Ustman bin Affan karena dianggap membikin pelanggaran-pelanggaran selama pemerintahannya. Mengkafirkan orang-orang yang ikut dalam perang Jamal (unta), yaitu ummu mu’minin Aisyah, Tholhah, Zubair bin Al-Awwam, Ali bin Abi Tholib, Abdullah bin Zubair dan segenap tentara yang terlibat dalam pertempuran. Mengkafirkan orang-orang yang terlibat dalam upaya perundingan damai antara Ali bin Abi Thalib dengan Muawiyyah bin Abi Sufyan. Juga mengkafirkan semua pihak yang terlibat dalam perundingan damai antara Al-Hasan bin Ali bin Abu Tholib dengan Muawiyyah bin Abu Sofyan sepeninggal Ali bin Abi Thalib. Mreka mengkafirkan semua orang pula yang ridha dan membenarkan dua upaya perdamaian di atas atau salah satunya. Memberontak kepada p