سهم الدور.SAHAM DAUR

سهم الدور

SAHAM DAUR




Gambaran “Sahmuddaur” yaitu; Misalnya ada dua orang yang sedang sakit (sebut saja Zaid dan Bakar).

Lalu Zaid menghibahkan seorang budak kepada Bakar dan menyerahkannya, lantas Bakar menghibahkan sepertiga budak tersebut kepada Zaid dan menyerahkannya; (karena pada dasarnya orang yang sakit keras, yaitu sakit yang dapat membawanya pada kematian, apabila menghibahkan sesuatu, maka yang lulus adalah sepertiganya. Misalnya budak itu bernilai 9 [Sembilan], maka yang lulus adalah 3 [tiga], dan yang 6 [enam] kembali kapada orang yang menghibahkan yang selanjutnya menjadi tirkah [harta peninggalan]nya).

Dan tidak lama kemudian keduanya meninggal dunia, sementara keduanya tidak memiliki suatu harta pun kecuali budak tersebut. Maka dalam hal ini terjadi “Daur” (perputaran). Karena ketika bagian dari budak itu kembali kepada Zaid, maka harta Zaid akan bertambah (6 + 1), ketika harta Zaid bertambah, maka sepertiganya pun bertambah (1 + 6), ketika sepertiganya bertambah, maka hibah yang kembali kepadanya juga bertambah, dan ketika hibah yang kembali kepadanya bertambah, maka sepertiganya juga bertambah. Begitulah seterusnya berputar-putar tanpa henti.

Jalan penyelesaiannya yaitu; Carilah angka yang sepertiganya memiliki sepertiga. Ambil saja yang paling kecil yaitu sembilan 9, sepertiganya adalah 3, dan 3  sepertiganya adalah 1.
Yang 1  inilah yang menjadi “Sahmuddaur”, maka gugurkanlah 1  yang menjadi “Sahmuddaur” tersebut, dan sisanya adalah 8.

Alhasil; Zaid mendapatkan 6; yaitu kelipatan hibahnya yang lulus (3), dan Bakar mendapatkan 2; yaitu sepertiga dari hibah yang dikembalikan kepada Zaid (6); 6 + 2 = 8.

Itulah yang dimaksud “Sahmuddauri Saqitun”. Wallahu A'lam...


Komentar

  1. Terus yang satu bagian itu masuknya kemana,( siapa penerimanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Neg pemahamanku
      Zaid = 9 dikasih ke Bakar

      Zaid = 6
      Bakar = 3

      Bakar kasih ke zaid
      Zaid =7
      Bakar = 2

      Kenapa jadi ada daur? Padahal hibah menghibahkannya cuman terjadi sekali???
      Tolong penulis webnya kasih referensi, hehe.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 5

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 4

الا لا تنال العلم الا بستة