PENGHARGAAN BERNILAI TINGGI (Minahus Saniyyah) Bag. 16
WASHIYYAT KE 16
(وَلَا تَغْفُلْ عَنْ ذِكْرِ اللهِ تَعَالَى)
“Janganlah engkau lalai dari mengingat Allah Ta’ala”
فقد قالوا : من نسي الله تعالى فقد كفر به,
Para
‘ulama’ berkata; “Barangsiapa yang lalai dari mengingat Allah Ta’ala, maka ia benar-benar
kufur kepada-Nya”.
وقالوا : كل من تساهل بالغفلة ولم تكن عليه أشد
من ضرب السيوف فهو كاذب لا يجيء منه شيء فى الطريق،
Para
‘ulama’ berkata; “Setiap orang yang meremehkan lalai dari mengingat Allah Ta’ala,
sedangkan itu tidak terasa lebih berat baginya daripada tusukan pedang, maka ia
adalah pendusta, sedikitpun ia tidak akan dapat menempuh jalan menuju Allah”.
وقالوا : إذا ترك العارف الذكر نفسا أو نفسين
قبض الله تعالى له شيطانا، فهو له قرين، وأما غير العارف فيسامح بمثل ذلك ولا
يؤاخذ إلا فى مثل درجة أو درجتين أو زمن أو زمنين أو ساعة أو ساعتين على حسب
المراتب .
Dan Para
‘ulama’ berkata; “Apabila seorang ‘Arif meninggalkan berdzikir dalam satu atau
dua hembusan nafas, maka Allah Ta’ala akan menguasakannya kepada syaitan hingga
ia berkawan dengannya. Sedangkan selain orang ‘Arif mendapat keringanan dari
hal semacam itu, dan tidak akan dikenakan sangsi sebatas satu atau dua derajat,
satu atau dua masa, satu atau dua jam sesuai dengan tingkatannya
masing-masing”.
وقد روى الشيخان : قال الله تعالى :
"أنا عند ظن عبدى بي وأنا معه إن ذكرنى، فإن ذكرنى فى نفسه ذكرته فى نفسي، وإن
ذكرنى فى ملإ ذكرته فى ملإ خير من ملائه...".
Imam
Bukhari dan Muslim meriwayatkan, Allah Ta’ala berfirman; “Aku menurut
sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan selalu bersamanya selama ia
mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya
dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang, maka Aku akan
mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia
mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta,
jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu
depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya
dengan berlari”.
وروى ابن حبان : "أكثروا ذكر الله تعالى
حتى يقولوا مجنون".
Ibnu
Hibban meriwayatkan; “Perbanyaklaholeh kalian berdzikir kepada Allah Ta’ala
sehingga orang-orang menganggapmu orang gila”.
وروى مسلم والنسائ والبزار : "ألا
أنبئكم بخير أعمالكم وأزكاها عند مليككم وأرفعها فى درجاتكم وخير لكم من إنفاق
الذهب والورق وخير لكم من أن تلقوا عدوكم فتضربوا أعناقهم ويضربوا أعناقكم؟ قالوا
: بلى . قال : ذكر الله عز وجل".
Imam
Muslim, Nasa’i dan Al-Bazzar meriwayatkan; “Maukah kalian aku beritahu suatu
amalan kalian yang terbaik, dan yang paling suci di sisi Raja (Tuhan) kalian,
paling tinggi derajatnya, lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan
perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kalian
kemudian kalian memenggal leher mereka, dan mereka memenggal leher
kalian?" Mereka menjawab; Ya, wahai Rasulallah. Beliau bersabda;
“Berdzikir kepada Allah Ta'ala”.
وروى الطبرنى : "ليس يتحسر أهل الجنة
إلا على ساعة مرت بهم ولم يذكروا الله تعالى فيها".
Imam
Thabrani meriwayatkan; “Tidak akan ada penyasalan bagi ahli surga kecuali
suatu waktu yang mereka lewatkan dan mereka tidak berdzikir kepada Allah Ta’ala
pada waktu itu”.
وروى أيضا : "من لم يذكر الله تعالى فقد
برئ من الإيمان".
Imam
Thabrani juga meriwayatkan; “Barangsiapa tidak berdzikir kepada Allah
Ta’ala, maka ia benar-benar terlepas dari iman”.
وروى أيضا : "مثل الذى يذكر ربه والذى
لا يذكر مثل الحي والميت".
Imam
Thabrani juga meriwayatkan; “Perumpamaan orang yang berdzikir kepada
Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir adalah seperti orang hidup dan orang
mati”.
وروى أيضا : "يقول الله تعالى :"ياابن
آدم إنك إذا ذكرتنى شكرتنى وإذا نسيتنى كفرتنى"".
Dan
Imam Thabrani juga meriwayatkan; “Allah Ta’ala berfirman; “Wahai anak Adam!
Sesungguhnya apabila engkau berdzikir kepada-Ku, maka engkau telah bersyukur
kepada-Ku, dan apabila engkau lupa kepada-Ku, maka engkau telah kufur kepada-Ku””.
قالوا : وهذاالنسيان يطلق على نسيان غفلة
الجهل بالله تعالى والإشراك به، وعلى نسيان غفلة الإعراض عن الله تعالى وطريقه،
وكلاهما مذموم .
Para
‘ulama’ berkata; Yang dimaksud lupa disini adalah; Lupa karena bodoh terhadap Allah
Ta’ala dan menyekutukan-Nya, dan lupa karena berpaling dari Allah Ta’ala dan
jalan menuju kepada-Nya, yang keduanya merupakan perbuatan tercela”.
وروى الترمذى : "إذا مررتم برياض الجنة
فارتعوا" قالوا : يا رسول الله وما رياض الجنة؟ قال : "حلق الذكر".
Imam
At-Turmudzi meriwayatkan; “Jika kalian melewati taman-taman surga,
nikmatilah”, para shahabat bertanya; “Wahai Rasulallah, apakah yang
dimaksud taman-taman itu?”, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda; “Yaitu
majlis-majlis dzikir”.
وروى أيضا : "من صلى الصبح فى جماعة ثم
قعد يذكر الله تعالى حتى تطلع الشمس ثم صلى ركعتين كانت له كأجر حجة وعمرة تامة
تامة".
Imam
At-Turmudzi juga meriwayatkan; “Barangsiapa shalat shubuh berjama’ah, lalu
duduk berdzikir kepada Allah Ta’ala hingga terbit matahari, kemudian shalat dua
raka’at, maka baginya pahala seperti pahala hajji dan ‘umrah secara utuh dan
sempurna”.
وروى البزار : "ذاكر الله تعالى فى
الغافلين بمنزلة الصابر فى الفارين".
Al-Bazzar
meriwayatkan; “Orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala dengan orang-orang
yang lalai, kedudukannya seperti orang yang sabar (tidak lari) dalam
pertempuran disaat pasukan lainnya melarikan diri”.
وروى أيضا : "ما من قوم جلسوا مجلسا
وتفرقوا عنه ولم يذكروا الله تعالى فيه إلا كأنما تفرقوا عن جيفة حمار، وكان عليهم
حسرة يوم القيامة".
Al-Bazzar
juga meriwayatkan; “Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu perkumpulan, lalu
berpisah darinya, sedangkan mereka tidak berdzikir kepada Allah Ta’ala dalam
perkumpulan itu, kecuali seakan-akan mereka telah berpisah dari bangkai himar,
dan majlis tersebut akan menjadi kerugian bagi mereka kelak pada hari kiamat”.
وروى ابن أبى شيبة : "ما من آدمي إلا
ولقلبه بيتان : فى أحدهما الملك، وفى الآخر الشيطان، فإذا ذكر الله تعالى خنس،
وإذا لم يذكر الله تعالى وضع الشيطان منقاره فى قلبه ووسوس له".
Ibnu
Abi Syaibah meriwayatkan; “Tidaklah anak Adam memiliki hati kecuali dalam
hatinya ada dua rumah, yang satu ditempati malaikat dan yang satu lagi
ditempati syaitan, lalu apabila ia berdzikir kepada Allah Tta’ala, syaitan akan
pergi dan apabila ia tidak berdzikir kepada Allah Tta’ala, syaitan akan
meletakkan paruhnya dalam hatinya (mengausai hatinya) dan menggangunya”.
وروى ابن حبان : "سيعلم أهل الجمع من
أهل الكرم"، قيل : ومن أهل الكرم؟ قال : "أهل مجالسة الذكر".
Ibn Hibban meriwayatkan; “Semua
orang yang berkumpul di padang mahsyar akan diberitahukan tentang orang yang
mulia”. Beliau ditanya; “Siapakah orang yang mulia itu wahai Rasulullah?”
Beliau menjawab; “Orang yang selalu berada dalam majlis dzikir”.
وروى أبو داود : "لأن أقعد مع قوم
يذكرون الله تعالى من صلاة الغداة حتى تطلع الشمس أحب إلي من أن أعتق أربعة من ولد
إسماعيل".
Abu
Dawud meriwayatkan; “Sungguh, aku duduk bersama kaum yang berdzikir kepada
Allah Ta'ala dari shalat shubuh hingga terbit matahari adalah lebih aku sukai
daripada aku membebaskan empat anak cucu Isma'il. Dan sungguh aku duduk bersama
suatu kaum yang berdzikir kepada Allah dari Shalat 'Ashar hingga matahari
tenggelam adalah lebih aku sukai daripada aku membebaskan empat orang budak”.
وروى الإمام أحمد : "غنيمة مجالس الذكر الجنة".
Imam
Ahmad meriwayatkan; “Hasil rampasan majlis-majlis dzikir adalah surga”.
قال الشيخ عز الدين بن عبد السلام رحمه الله
تعالى : وهذا الحديث وأمثاله يلحق بدرجة الأمر، لأن كل فعل مدحه الشارع أو مدح
فاعله لأجله أو وعد عليه بخير عاجل أو آجل فهو مأمور به، لكنه تردد بين الإيجاب
والندم، والأحاديث فى فضل الذكر كثيرة، فاعلم ذلك يا أخي ولا تترك الذكر (وَلَوْ
مَعَ الْغَفْلَةِ)،
Syaikh
‘Izzuddin bin ‘Abdus-Salam rahimahullahu Ta’ala berkata; Hadits ini dan
sesamanya, derajatnya disamakan dengan perintah, karena setiap perbuatan yang
dipuji syari’ (pembuat undang-undang), atau syari’ memuji pelakunya lantaran
perbuatannya, atau syari’ berjanji akan memberi kebaikan baik di dunia maupun
nanti di akhirat, adalah merupakan perkara yang diperintahkan, namun antara
perintah wajib dan sunnatnya belum bisa dipastikan (sebelum ada dalil yang
jelas yang mendukung terhadap perintah tersebut). Dan hadits-hadits yang
menjelaskan tentang keutamaan dzikir sangat banyak, maka ketahuilah itu wahai
saudaraku, dan janganlah engkau menunggalkan dzikir “sekalipun dalam
keadaan lalai”.
قال الإمام سهل رحمه الله تعالى : سيروا إلى
الله تعالى عرجا ومكاسير ولا تنتظروا الصحة فإن انتظار الصحة بطالة .
Imam
Sahl rahimahullahu Ta’ala berkata; “Berangkatlah engkau menuju Allah Ta’ala
walau dalam keadaan pincang atau patah anggota tubuhnya, janganlah engkau
menunggu sehat, karena menunggu sehat adalah perbuatan sia-sia”.
وقال صاحب الحكم : لا تترك الذكر لعدم حضورك
مع الله تعالى فيه، لأن غفلتك عن وجود ذكره اشد من غفلتك مع وجود ذكره، وعسى أن
يرفعك من ذكر مع وجود غفلة إلى ذكر مع وجود يقظة ومن ذكر مع وجود يقظة إلى ذكر مع
وجود حضور، ومن ذكر مع وجود حضور إلى ذكر مع غيبة عما سوى المذكور وما ذلك على
الله بعزيز . فاعلم ذلك يا أخى .
Penulis
kitab “Al-Hikam” (Imam Ibnu ‘Athoillah As-Sakandariy rahimahullahu Ta’ala)
berkata; “Janganlah engkau meninggalkan dzikir hanya karena ketidak hadiran
hatimu dihadapan Allah Ta’ala dalam berdzikir, sebab kelalaianmu dari berdzikir
kepada-Nya adalah lebih buruk daripada kelalaianmu dalam berdzikir kepada-Nya.
Semoga Allah berkenan mengangkat derajatmu dari dzikir yang penuh dengan
kelalaian menuju dzikir yang penuh dengan kesadaran, dari dzikir yang penuh
dengan kesadaran menuju dzikir yang penuh dengan hadirnya hati, dan dari dzikir
yang penuh dengan hadiranya hati menuju dzikir yang mentiadakan segala sesuatu
selain-Nya, dan yang demikian itu bagi Allah tidaklah sulit”. Ketahilah hal
itu wahai saudaraku!
Komentar
Posting Komentar