TES DNA

KUPAS TUNTAS HUKUM TES DNA DAN QIYAFAH

*I*

*

*TES DNA DAN QIYAFAH*

*MENURUT*

*PANDANGAN FIQIH*

*

*

*

*

*

*TES DNA DAN QIYAFAH*

*BISA DIJADIKAN* *PEDOMAN UNTUK MENETAPKAN NASAB DAN TIDAK BISA DIJADIKAN PEDOMAN UNTUK MENETAPKAN ANAK ZINA ATAU MENAFIKAN NASAB*

*

*

*

*

*MUQADDIMAH*

*

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد دلله الذى هدانا لدينه الذى أكمله وارتضاه والصلاة والسلام على نبيه سيدنا محمد الذى اجتباه من خلقه واصطفاه (وبعد) فأقول :

Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan kita pada agama-Nya yang telah disempurnakan dan diridlai-Nya. Shalawat beserta salam semoga dilimpahkan atas Nabi-Nya yaitu baginda kita Nabi Muhammad, Nabi pilihan yang terpilih dari makhluq-Nya.

*PENGERTIAN QIYAFAH (TES DNA)*

الْقِيَافَةُ : لُغَةً مِنْ قَافَ يَقُوفُ قِيَافَةً فَهُوَ قَائِفٌ ، وَهُوَ : الَّذِي يَتَتَبَّعُ الآْثَارَ وَيَعْرِفُهَا ، وَيَعْرِفُ شَبَهَ الرَّجُل بِأَخِيهِ وَأَبِيهِ ، وَالْجَمْعُ : الْقَافَةُ . وَلاَ يَخْرُجُ الْمَعْنَى الاِصْطِلاَحِيُّ عَنِ الْمَعْنَى اللُّغَوِيِّ .

وَالصِّلَةُ بَيْنَ الْقِيَافَةِ وَالْفِرَاسَةِ أَنَّ كِلَيْهِمَا يَقُومُ عَلَى النَّظَرِ إلاَّ أَنَّ بَيْنَهُمَا فَارِقًا .

وَقَدْ سُئِل ابْنُ فَرْحُونَ : هَل الْقِيَافَةُ مِنَ الْفِرَاسَةِ لِكَوْنِهَا مَبْنِيَّةً عَلَى الْحَدْسِ ؟ فَأَجَابَ : بِأَنَّهَا لَيْسَتْ مِنْهَا ، بَل هِيَ مِنْ بَابِ قِيَاسِ الشَّبَهِ ، وَهُوَ أَصْلٌ مَعْمُولٌ بِهِ فِي الشَّرْعِ .

(الموسوعة الفقهية الكويتية)

QIYAFAH menurut bahasa di bentuk dari kata; Qaafa, Yaquufu, Qiyaafatan, fahua, Qaa_ifun, yaitu; Ilmu untuk menelusuri dan mengetahui jejak sesuatu, dan untuk mengetahui keserupaan seseorang dengan saudara dan ayahnya. Jama’nya adalah al-Qaafatu.

Sedangkan pengertian Qiyafah secara istilah tidak menyimpang dari ma’nanya secara bahasa.

Adapun keterkaitan antara Qiyafah dan Firasat yaitu keduanya terletak pada ketajaman pandangan, hanya saja di antara keduanya terdapat perbedaan.

Ibn Farhun pernah di tanya; Apakah Qiyafah termasuk dari Firasat, karena keberadaan keduanya berdasarkan perasaan?

Ibn Farhun menjawab; Bahwa Qiyafah tidak termasuk dari Firasat, akan tetapi Qiyafah termasuk kategori Qiyas Syabah, dan ia merupakan ashl yang diberlakukan dalam syari’at.

(Al-Mausu’atul Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah).

والفيافة أحد فروع الطب الشرعي أو هي الأساس الفعلي للطب الشرعي .

Qiyafah (tes DNA) merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran syar’i, atau merupakan landasan nyata kedokteran syar’i.

(Takmilah al-Majmu’).

وَقَدْ تَكُوْنُ نَتَائِجُ التَّحْلِيْلاَتِ مُفِيْدَةٌ إِلاَّ أَنَّ الْقَطْعَ بِدِقَّتِهَا وَصِحَّتِهَا مَوْضُوْعُ نَظَرٍ لِأَنَّ تَشَابُهَ فَصَائِلَ الدَّمِ بَيْنَ شَخْصٍ وَآخَرَ أَمْرٌ وَارِدٌ مَعَ إِمْكَانِيَّةِ خَطَأِ التَّحَالِيْلِ وَتَزْوِيْرِهَا، وَلِذَلِكَ فَإِنَّ اْلإِسْتِعَانَةَ بِهَذِهِ الْقَرِيْنَةِ فِي النَّفْيِ وَلَيْسَتْ فِي اْلإِثْبَاتِ

(طرائق الحكم المتفق عليها والمختلف فيها فى الشريعة الإسلامية)

Terkadang hasil penelitian laborat bisa memberi manfaat, hanya saja keakuratan, kedetailan dan kebenarannya masih menjadi bahan diskusi, karena kemiripan golongan darah antara seseorang dengan orang lain merupakan hal yang bisa saja terjadi, disamping masih terbukanya kemungkinan kesalahan hasil analisa laborat dan terjadinya pemalsuan. Oleh karena itu penggunaan sarana ini hanya untuk menafikan (meniadakan garis keturunan dari salah seorang diantara dua penggugat yang bersekutu dalam satu firasy), bukan untuk digunakan dalam menetapkan (nasab).


*Bersambung...*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 5

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 4

الا لا تنال العلم الا بستة