Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 4
فصل
فى تعظيم العلم وأهله
FASAL IV
Mengagungkan Ilmu Dan Ahli Ilmu
اعلم أن طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا بتعظيم العلم
وأهله، وتعظيم الأستاذ وتوقيره.
Ketahuilah
bahwa seorang pelajar tidak akan mendapatpakan ilmu, kalau pun mendapatkan ia
tidak akan dapat mengambil manfa’atnya kecuali dengan mengagungkan ilmu dan
ahli ilmu (‘ulama’), memuliakan guru dan menghormatinya.
قيل: ما وصل من وصل إلا بالحرمة، وما سقط من سقط إلا بترك الحرمة
والتعظيم.
وقيل: الحرمة خير من الطاعة، ألا ترى أن الإنسان لا يكفر بالمعصية،
وإنما يكفر بترك الحرمة. ومن تعظيم العلم تعظيم الأستاذ.
Dikatakan;
Tidaklah berhasil orang yang berhasil itu melainkan karena ia menghormati ilmu
dan ahli ilmu, dan tidaklah gagal orang yang gagal itu melainkan karena ia
tidak menghormati dan tidak mengagungkan ilmu dan ahli ilmu.
Dan
dikatakan; Hormat itu lebih baik daripada ta’at. Apakah kamu tidak mengerti
bahwa seorang manusia tidaklah menjadi kufur sebab berma’shiyat, tapi ia
menjadi kufur hanya karena tidak hormat. Dan sebagian dari mengagungkan ilmu
yaitu mengagungkan guru.
قال على رضى الله عنه: أنا عبد من علمنى حرفا واحدا، إن شاء باع، وإن
شاء استرق.
‘Ali
radliyallahu ‘anh berkata; Aku adalah hamba sahaya orang yang telah mengajariku
ilmu walaupun hanya satu huruf, maka apabila ia berkehendak untuk menjualku,
aku siap dijualnya, dan apabila ia berkehendak untuk tetap menjadikanku budak,
akupun siap berkhidmat kepadanya.
وقد أنشدت فى ذلك:
Dalam
hal ini aku pernah dibacakan sya’ir Amirul mu’minin ‘Ali karramallahu waj_hah;
رَأَيْتُ أَحَقَّ الْحَقِّ حَقَّ الْمُعَلِّمِ
# وَأَوْجَبَهُ حِفْظًا عَلَى كُلِّ مُسْلِمِ
لَقَدْ حَقَّ أَنْ يُهْدَى إِلَيْهِ كَرَامَةً
# لِتَعْلِيْمِ حَرْفٍ وَاحِدٍ أَلْفُ دِرْهَمِ
Aku yakin bahwa hak yang paling besar adalah haknya seorang guru #
dan ini sangat wajib untuk di jaga oleh setiap orang muslim
Sungguh, seorang pelajar berhak memberi hadiah kepada guru sebagai
bentuk memuliakannya # karena telah mengajarkan satu huruf, guru berhak diberi
hadiah seribu Dirham
فإن من علمك حرفا واحدا مما تحتاج إليه فى الدين فهو أبوك فى الدين.
Karena
orang yang telah mengajarimu satu huruf ilmu yang kamu butuhkan dalam agama,
maka sesungguhnnya ia adalah ayahmu dalam agama.
((( روي أنه قيل للإسكندر ذى القرنين: لم تعظم أستاذك
أكبر من أبيك؟ فقال ونعم ما قال: لأن أبى أنزلنى من السماء إلى الأرض، وأستاذى
يرفعنى من الأرض إلى السماء.
Diriwayatkan bahwa raja Iskandar Dzul Qarnain pernah
di tanya; Mengapa tuan lebih mengagungkan guru tuan daripada ayah tuan?
Raja Iskandar Dzul Qarnain menjawab, dan ini merupakan
sebaik-baik jawaban; Karena ayahku menurunkanku dari langit ke bumi, sedangkan
guruku mengangkatku dari bumi ke langit.
ووجه ما قال: ان تعلق الروح بالبدن فى أرحام
الأمهات هو نزوله من عالم الملكوت إلى عالم الكون والفساد والسبب بحدوث البدن هو
الوالدان، وأما الأستاذ فسبب لعروج الروح الإنساني من عالم الفناء إلى عالم البقاء
بسبب التكميل بالمعارف الربانية
Maksudnya; Bertautnya ruh pada tubuh ketika masih
berada dalam rahim para ibu merupakan turunnya ruh dari alam malakut ke alam
dunia dan kerusakan, dan penyebab terjadinya tubuh adalah kedua orang tua.
Sedangkan guru adalah penyebab naiknya ruh manusia dari alam fana’ ke alam
baqa’ lantaran menyempurnakan dengan mengajarkan mengenal Tuhan)))
وكان أستاذنا الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول: قال مشايخنا: من
أراد أن يكون ابنه عالما فينبغى أن يراعى الغرباء من الفقهاء، ويكرمهم ويعظمهم
ويطيعهم شيئا، فإن لم يكن ابنه عالما يكون حافده عالما.
Guru
kami As-Syaikh Al-Imam Sadiduddin Asy-Syairaziy pernah berkata; Guru-guru kami berkata;
Barangsiapa yang ingin putranya menjadi orang alim, maka hendaklah ia
menghormati orang asing dari kalangan ahli fikih, memuliakan, mengagungkan dan
memberi mereka hadiah walapun sedikit. Jika anaknya belum juga menjadi orang
alim, maka cucunyalah yang akn menjadi orang alim.
ومن توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام
عنده إلا بإذنه، ولا يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته، ويراعى الوقت،
ولا يدق الباب بل يصبر حتى يخرج.
Termasuk
menghormati guru yaitu;
1.
Tidak
berjalan di depan gurunya.
2.
Tidak
duduk di tempat duduk gurunya.
3.
Tidak
memulai berbicara di hadapan gurunya kecuali ada ijin darinya.
4.
Tidak
banyak bicara di hadapan gurunya.
5.
Tidak
bertanya sesuatupun ketika gurunya sedang jenuh.
6.
Menjaga
waktu yang telah ditentukannya untuk belajar.
7.
Tidak
mengetuk pintu, tapi bersabarlah hingga gurunya itu keluar.
فالحاصل: أنه يطلب رضاه، ويجتنب سخطه، ويمتثل أمره فى غير معصية لله
تعالى، فإنه لا طاعة للمخلوق فى معصية الخالق. ومن توقيره: توقير أولاده ومن يتعلق
به.
Kesimpulannya,
seorang pelajar harus;
1)
Senantiasa
mencari keridlaan gurunya.
2)
Menjauhi
hal-hal yang menimbulkan kemurkaan gurunya.
3)
Mematuhi
segala perintah gurunya kecuali dalam hal berma’siyat kepada Allah Ta’ala.
Karena sesungguhnya tidak boleh ta’at kepada seorang makhluk pun dalam hal
berma’siyat kepada sang Khaliq.
Dan
termasuk menghormati guru yaitu menghormati putera-puteranya dan orang-orang
yang memiliki hubungan nasab atau sabab.
وكان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين صاحب الهداية رحمه الله تعالى يحكى:
أن واحدا من كبار أئمة بخارى كان يجلس مجلس الدرس، وكان يقوم فى خلال الدرس أحيانا
فسألوا عنه, ويقول: إن ابن أستاذى يلعب مع الصبيان فى السكة، فإذا رأيته أقوم له
تعظيما لأستاذى
.
Guru
kami Syaikhul Islam Burhanuddin pengarang kitab “Al-Hidayah” rahimahullahu
Ta’ala pernah bercerita bahwa salah seorang imam besar negeri Bukhara sedang duduk
di majlis belajar, dan di tengah-tengah belajar ia sering berdiri lalu duduk
kembali. Maka ditanyakanlah hal itu kepadanya, dan ia menjawab; Sesungguhnya
putera guruku sedang bermain di jalan bersama teman-temannya, oleh karena itu
jika aku melihatnya, aku pun berdiri karenanya demi menghormati guruku.
والقاضى الإمام فخر الدين الأرسابندى كان رئيس الأئمة بمرو وكان
السلطان يحترمه غاية الاحترام وكان يقول: إنما وجدت هذا المنصب بحرمة الأستاذ فإنى
كنت أخدم أستاذي القاضى أبا يزيد الدبوسى وكنت أخدمه وأطبخ طعامه ولا آكل منه شيئا.
Al-Qadli
al-Imam Fakhruddin Al-Arsabandi adalah pemimpin para imam di Marwa, dan ia
sangat dihormati oleh pejabat tinggi negara. Beliau (Al-Qadli) berkata; Aku
bisa mendapatkan derajat ini hanya karena aku menghormati guruku. Aku
berkhidmat kepada guruku Al-Qadli Abu Yazid Ad-Dabbusi, aku melayani beliau dan
memasakkan makanannya, dan aku tidak pernah memakannya sedikitpun.
الشيخ الإمام الأجل شمس الأئمة الحلوانى رحمه الله تعالى قد كان خرج
من بخارى وسكن فى بعض القرى أياما بحادثة وقعت وقد زارته تلاميذه غير الشيخ الإمام
القاضى أبى بكر الزرنجى رحمه الله تعالى، فقال له حين لقيه: لماذا لم تزرنى؟ قال:
كنت مشغولا بخدمتى الوالدة. قال: ترزق العمر، ولاترزق رونق الدرس، وكان كذلك، فإنه
كان كذلك فى أكثر أوقاته فى القرى ولم ينتظم له الدرس
Asy-Syaikh
Al-Imam Al-Ajall Syamsul Aimmah Al-Halwaniy rahimahullahu Ta’ala, pergi
meninggalkan negeri Bukhara dan tinggal di sebuah desa selama beberapa hari
lantaran suatu peristiwa yang menimpanya. Semua murid-muridnya menziyarahinya
kecuali Asy-Syaikh Al-Imam Al-Qadli Abu Bakar Az-Zaranjiy rahimahullahu Ta’ala.
Maka beliau (Asy-Syaikh Al-Halwaniy) bertanya kepada Asy-Syaikh Az-Zaranjiy
pada saat berjumpa dengannya; Mengapa kamu tidak berziyarah kepadaku?
Asy-Syaikh Az-Zaranjiy menjawab; Ma’af guru, aku sibuk dengan melayani ibuku.
Lalu beliau (Asy-Syaikh Al-Halwaniy) berkata; Semoga kamu di beri panjang umur,
namun kamu tidak akan mendapatkan kesempurnaan belajar. Dan ternyata hal itu
benar-benar terjadi, dimana sebagian besar waktunya, Asy-Syaikh Az-Zaranjiy
lebih banyak tinggal dipedesaan sehingga tidak dapat mengatur belajarnya.
فمن تأذى منه أستاذه يحرم بركة العلم ولا ينتفع به إلا قليلا.
Barangsiapa
yang melukai hati gurunya, maka ia akan terhalang dari mendapatkan keberkahan
ilmu, dan ilmunya tidak akan bermanfa’at kecuali hanya sedikit. Seorang
penya’ir berkata;
إِنَّ الْمُعَلِّمَ وَالطَّبِيْبَ كِلَاهُمَا
# لَا يَنْصَحَانِ إِذَا هُمَا لَمْ يُكْرَمَا
فَاصْبِرْ لِدَائِكَ إِنْ جَفَوْتَ طَبِيْبَهَا
# وَاقْنَعْ بِجَهْلِكَ إِنْ جَفَوْتَ مُعَلِّمَا
Sesungguhnya guru dan dokter, keduanya # tidak dapat mengharapkan
kebaikan jika keduanya tidak di hormati
Maka bersabarlah menahan rasa sakitmu jika kamu mengabaikan saran
dokter # dan terimalah kebodohanmu jika kamu membangkang kepada guru
وحكى أن الخليفة هارون الراشيد بعث ابنه إلى الأصمعى ليعلمه العلم
والأدب فرآه يوما يتوضأ ويغسل رجله، وابن الخليفة يصب الماء على رجله، فعاتب
الخليفة الأصمعى فى ذلك فقال: إنما بعثته إليك لتعلمه وتؤدبه فلماذا لم تأمره بأن
يصب الماء بإحدى يديه، ويغسل بالأخرى رجلك؟
Dikisahkan;
Bahwa Khalifah Harun Ar-Rasyid mengantarkan putranya kepada Al-Ashmu’iy agar
diajari ilmu dan adab. Pada suatu ketika, Khalifah melihat Al-Ashmu’iy berwudlu
dan membasuh kakinya, sedang putra Khalifah yang menuangkan air pada kaki
gurunya. Maka Khalifah pun menegur Al-Ashmu’iy dan berkata; Aku mengantarkan putraku
kepadamu agar kamu ajari ilmu dan adab; tapi mengapa kamu tidak memerintahkan
agar ia menuangkan air dengan salah satu tangannya dan menggosok kakimu dengan tangan
yang satunya lagi?
ومن تعظيم العلم: تعظيم الكتاب، فينبغى لطالب العلم أن لا يأخذ الكتاب
إلا بطهارة.
Termasuk
memuliakan ilmu yaitu memuliakan kitab. Maka seharusnya pelajar tidak mengambil
kitabnya kecuali dalam keadaan suci.
وحكى عن الشيخ الإمام شمس الأئمة الحلوانى رحمه الله تعالى أنه قال:
إنما نلت هذا العلم بالتعظيم، فإنى ما أخذت الكاغد إلا بالطهارة.
Dikisahkan
dari Syaikhul Islam Syamsul Aimmah Al-Halwaniy rahimahullahu Ta’ala bahwa
beliau pernah berkata; Aku memperoleh ilmu ini hanya karena aku memuliakannya.
Sesungguhnya aku tidak pernah mengambil lembaran kitab kecuali dalam keadaan
suci.
وان الشيخ الإمام شمس الأئمة السرخسى كان مبطونا فى ليلة، وكان يكرر
فى ليلة، فتوضأ فى تلك الليلة سبع عشرة مرة لأنه كان لا يكرر إلا بالطهارة، هذا
لأن العلم نور والوضوء نور فيزداد نور العلم به.
Syaikhul
Imam Syamsul Aimmah As-Sarkhasiy pada suatu malam pernah sakit perut, namun
beliau terus mengulang-ulang belajarnya hingga pada malam itu berwudlu’sebanyak
17 kali. Karena beliau tidak mau belajar kecuali dalam keadaan suci. Demikian
itu karena ilmu adalah cahaya, wudlu’ juga cahaya dan cahaya ilmu akan
bertambah terang jika di tambah dengan cahaya wudlu’.
ومن التعظيم الواجب أن لا يمد الرجل إلى الكتاب ويضع كتب التفسير فوق
سائر الكتب ولا يضع على الكتاب شيئا آخر.
Termasuk
memuliakan ilmu yang wajib dilakukan oleh para pelajar yaitu tidak memanjangkan kakinya ke arah kitab. Dan
meletakkan kitab tafsir diatas kitab-kitab yang lain, serta tidak meletakkan
sesuatupun diatas kitab.
وكان أستاذنا الشيخ برهان الدين رحمه الله تعالى يحكى عن شيخ من
المشايخ: أن فقيها كان وضع المحبرة على الكتاب، فقال له بالفارسية: برنيابي
Guru
kami Asy-Syaikh Burhanuddin rahimahullahu Ta’ala pernah menyampaikan sebuah
cerita dari salah seorang guru di antara guru-gurunya; bahwasanya salah seorang
ahli fikih meletakkan wadah tinta di atas kitab. Lalu beliau berkata kepada
ahli fikih itu dengan bahasa Persi; Barnayabi (kamu tidak akan memperoleh manfa’at
dari ilmumu).
وكان أستاذنا القاضى الإمام الأجل فخر الإسلام المعروف بقاضيخان رحمه
الله تعالى يقول: إن لم يرد بذلك الاستخفاف فلا بأس بذلك والأولى أن يحترز عنه.
Guru
kami Al-Qodli Al-Imam Al-Ajall Fakhrul Islam yang terkenal dengan nama Qodlikhan
rahimahullahu Ta’ala pernah berkata; Apabila tujuan meletakkan wadah tinta di
atas kitab bukan untuk meremehkan, maka yang demikian itu tidak mengapa. Namun
yang lebih baik adalah tidak meletakkan sesuatupun diatasnya.
ومن التعظيم: أن يجود كتابة الكتاب ولا يقرمط ويترك الحاشية التى يقرمط
فيها إلا عند الضرورة.
Termasuk
mengagungkan ilmu yaitu memperbagus penulisan kitab, jangan terlalu kecil
sehingga tidak jelas, dan sisakanlah ruangan di tepi halaman untuk
catatan-catatan penting, kecuali bila darurat.
ورأى أبو حنيفة رحمه الله تعالى كاتبا يقرمط فى الكتابة فقال: لا
تقرمط خطك لأنك إن عشت تندم وإن مت تشتم. يعنى إذا شخت وضعف بصرك ندمت على ذلك.
Abu
Hanifah rahimahullahu Ta’ala pernah melihat seseorang menulis kitab terlalu
kecil hingga tidak jelas, lalu beliau berkata; Tulisanmu jangan terlalu kecil
sehingga tidak jelas, karena apabila kamu tetap hidup, kamu akan menyesal, dan
apabila mati kamu akan di maki. Maksudnya apabila kamu sudah tua dan
penglihatanmu sudah lemah, niscaya kamu akan menyesal karenanya.
وحكى عن الشيخ الإمام محمد مجد الدين الصرحكى رحمه الله تعالى أنه
قال: ما قرمطنا ندمنا، وما انتخبنا ندمنا، وما لم نقابل ندمنا
Dikisahkan
dari Asy-Syaikh Al-Imam Muhammad Majduddin Ash-Sharhakiy rahimahullahu Ta’ala
pernah berkata; Aku menyesali tulisanku yang terlalu kecil hingga tidak jelas,
aku menyesali catatanku yang terlalu ringkas, dan aku menyesali kitabku yang
tidak aku bandingkan dengan kitab lain yang akurat.
وينبغى أن يكون تقطيع الكتاب مربعا، فإنه تقطيع أبى حنيفة رحمه الله
تعالى، وهو أيسر على الرفع والوضع والمطالعة
Sebaiknya
kitab itu berbentuk persegi empat. Dan itu adalah bentuk kitab yang di pilih
oleh Abu Hanifah rahimahullahu Ta’ala. Karena dengan bentuk seperti itu akan
lebih mudah di angkat dan diletakkan ketempatnya serta lebih mudah di tela’ah.
وينبغى أن لا يكون فى الكتابة شيئ من الحمرة، فإنها صنيع الفلاسفة لا
صنيع السلف، ومن مشايخنا من كره استعمال المركب الأحمر.
Dan
sebaiknya tidak ada warna merah sedikitpun di dalam kitab, karena hal itu merupakan
kebiasaan para filosuf, bukan tuntunan ‘ulama salaf. Dan sebagian guru kami ada
yang tidak suka memakai kendaraan berwarna merah.
Menghormati Teman
ومن تعظيم العلم: تعظيم الشركاء ومن يتعلم منه. والتملق مذموم إلا فى
طلب العلم. فإنه ينبغى أن يتملق لأستاذه وشركائه ليستفيد منهم
Termasuk
memuliakan ilmu yaitu memuliakan sesama pelajar dan orang yang mengajarnya. Bersifat
lunak merupakan perbuatan yang tercela kecuali dalam hal mencari ilmu, karena
itu bagi pelajar hendaknya bersifat lunak terhadap gurunya dan sesame pelajar
agar mendapatkan faidah dari mereka.
Hormat Dan Khidmat
وينبغى لطالب العلم أن يستمع العلم والحكمة بالتعظيم والحرمة، وإن سمع
مسألة واحدة وكلمة واحدة ألف مرة.
Bagi
para pelajar seharusnya mendengarkan ilmu dan hikmah dengan penuh rasa hormat
serta mengagungkan, sekalipun ia telah mendengar masalah dan kalimat yang sama
sebanyak seribu kali.
قيل: من لم يكن تعظيمه بعد ألف مرة كتعظيمه فى أول مرة فليس بأهل
العلم.
Dikatakan;
Barangsiapa yang tidak mengagungkannya setelah keseribu kalinya sama seperti
pada pertama kalinya, maka ia bukan golongan ahli ilmu.
Jangan Menentukan Ilmu Sendiri
وينبغى لطالب العلم أن لا يختار نوع علم بنفسه، بل يفوض أمره إلى
الأستاذ، فإن الأستاذ قد حصل له التجارب فى ذلك وعرف ما ينبغى لكل واحد وما يليق
بطبيعته.
Bagi
para pelajar hendaklah tidak menentukan sendiri bidang ilmu yang akan
dipelajari, tapi harus menyerahkan segala urusannya kepada guru. Karena guru
telah berhasil melewati tahap uji coba dalam hal tersebut, dan ia lebih
mengerti ilmu apa layak bagi masing-masing orang dan ilmu apa yang sesuai
dengan perangainya.
وكان الشيخ الإمام الأجل الأستاذ شيخ الإسلام برهان الحق والدين رحمه
الله تعالى يقول:
كان طلبة العلم فى الزمان الأول يفوضون أمرهم فى التعلم إلى اساتذهم،
وكانوا يصلون إلى مقصودهم ومرادهم، والآن يختارون بأنفسهم، فلا يحصل مقصودهم من
العلم والفقه.
As-Syaikh
Al-Imam Al-Ajall Al-Ustadz Burhanul Haqq Waddin rahimahullahu Ta’ala Berkata; Para
pelajar di zaman dahulu menyerahkan segala urusannya dalam masalah belajar kepada
guru mereka, dan ternyata mereka berhasil meraih apa yang di maksud dan yang di
cita-citakan. Tetapi sekarang para pelajar menentukan pilihan sendiri, maka
mereka gagal meraih cita-citanya mendapatkan ilmu dan fiqh.
وكان يحكى أن محمد بن إسماعيل البخارى رحمه الله تعالى كان بدأ بكتاب
الصلاة على محمد بن الحسن رحمه الله، فقال له: إذهب وتعلم علم الحديث، لما رأى أن
ذلك العلم أليق بطبعه، فطلب علم الحديث فصار فيه مقدما على جميع أئمة الحديث
Diceritakan
bahwa Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari (Imam Bukhari) rahimahullahu Ta’ala pertama
kali belajar kitab tuntunan shalat kepada Muhammad bin Al-Hasan rahimahullahu
Ta’ala (yang terkenal dengan sebutan Al-Imam Ar-Rabbani dari kalangan madzhab
Hanafi). Lalu Muhammad bin Al-Hasan rahimahullahu Ta’ala menyarankan dan
berkata kepada Imam Bukhari rahimahullahu Ta’ala; Pergilah dan belajarlah ilmu
hadist. Demikian itu setelah gurunya mengetahui bahwa ilmu tersebut sangat
cocok dengan tabi’atnya. Maka Imam Bukhari pun pergi belajar ilmu hadits hingga
menjadi ‘ulama’ terkemuka dari seluruh imam ahli hadits.
Jangan Duduk Terlalu Dekat Dengan Guru
وينبغى لطالب العلم أن لايجلس قريبا من الأستاذ عند السبق بغير ضرورة،
بل ينبغى أن يكون بينه وبين الأستاذ قدر القوس فإنه أقرب إلى التعظيم.
Bagi
para pelajar hendaknya tidak duduk terlalu dekat dari gurunya di waktu belajar
kecuali terpaksa. Tapi sepantasnya antara dia dan gurunya berjarak sekitar
sepanjang busur panah. Karena dengan begitu terkesan lebih mengagungkan guru.
Meninggalkan Akhlak Tercela
وينبغى لطالب العلم أن يحترز عن الأخلاق الذميمة، فإنها كلاب معنوية،
وقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تدخل الملائكة بيتا فيه صورة أو كلب.
وإنما يتعلم الإنسان بواسطة ملك.
والأخلاق الذميمة تعرف فى كتاب الأخلاق وكتابنا هذا لا يحتمل بيانها. خصوصا عن التكبر
(ومع التكبر لا يحصل العلم).
Bagi
para pelajar hendaknya menjaga diri dari akhlak yang tercela. Karena akhlak
yang tercela serupa dengan anjing dari segi ma’nanya. Rasulullah shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda; “Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya
terdapat gambar atau anjing”. Padahal orang belajar itu dengan perantara
malaikat.
Dan mengenai
akhlak yang tercela dapat di lihat dalam kitab tentang akhlak, karena kitab
kami ini tidak memuat keterangan tentangnya. Terutama para pelajar harus
menjauh dari sifat sombong, karena dengan kesombongan, ilmu tidak akan
didapatkan.
قيل:
Dikatakan
dalam sebuah sya’ir;
اَلْعشلْمُ حَرْبٌ لِلْفَتَى الْمُتَعَالِى
# كَالسَّيْلِ حَرْبٌ لِلْمَكَانِ الْعَالِى
Ilmu adalah musuh bagi orang yang sombong # laksana banjir yang
menjadi musuh bagi dataran tinggi
وقيل:
Dan
dikatakan;
بِجَدٍّ لَا بِجِدٍّ كُلُّ مَجْدٍ # فَهَلْ
جَدٌّ بِلَا جِدٍّ بِمُجْدٍ
فَكَمْ عَبْدٍ يَقُوْمُ مَقَامَ حُرٍّ
# وَكَمْ حُرٍّ يَقُوْمُ مَقَامَ عَبْدٍ
Kemuliaan datang karena anugerah Allah, bukan karena kesungguhan #
namun apakah kemuliaan akan datang tanpa kesungguhan?
Berapa banyak budak
yang menduduki tingakatan orang merdeka (berkat anugerah Allah dan
kesungguhannya) # dan berapa banyak orang merdeka menduduki tingkatan budak
(lantaran tidak adanya kesungguhan yang disertai dengan anugerah Allah)
Mantap 👍👍👍
BalasHapus