LANDASAN SALAFUS-SHALIH, SAWADUL A’DZAM DAN PENTINGNYA BERMADZHAB
Risalah Ahlussunnah wal Jama'ah إِذَا فَهِمْتَ مَا ذُكِرَ عَلِمْتَ أَنَّ الْحَقَّ مَعَ السَّلَفِيِّيْنَ الَّذِيْنَ كَانُوْا عَلَى خِطَّةِ السَّلَفِ الصَّالِحِ، فَإِنَّهُمْ اَلسَّوَادُ الْأَعْظَمُ، وَهُمْ اَلْمُوَافِقُوْنَ عُلَمَاءَ الْحَرَمَيْنِ الشَّرِيْفَيْنِ وَعُلَمَاءِ الْأَزْهَرِ الشَّرِيْفِ اَلَّذِيْنَ هُمْ قُدْوَةُ رَهْطِ أَهْلِ الْحَقِّ وَفِيْهِمْ عُلَمَاءُ لَا يُمْكِنُ اِسْتِقْصَاءُ جَمِيْعِهِمْ مِنْ اِنْتِشَارِهِمْ فِي الْأَقْطَارِ وَالْآفَاقَ كَمَا لَا يُمْكِنُ إِحْصَاءُ نُجُوْمِ السَّمَاءَ. Jika engkau faham dengan apa yang diterangkan di atas (tentang madzhab Ahlus-sunnah wal Jamaah), maka engkau akan mengerti bahwa kebenaran yang haqiqi itu berpihak pada kalangan generasi terdahulu yang berpijak di atas landasan Salafus Shalih. (Salafus Shalih dan pengikutnya) itulah as-Sawadul A’dzam. Mereka menyepakati konsep-konsep agama yang ditetapkan oleh ulama-ulama Haramain asy-Syarifain (Makkah dan Madinah) dan ulama-ulama al-Azhar yang mulia, yang kesemuanya adalah m