RINGKASAN ILMU HADITS BAG.6



RINGKASAN ILMU HADITS

التقسيم الأخير للحديث
Pembagian Hadits (Bagian Terakhir)

ينقسم الحديث باعتبار المتن والسند إلى مرفوع ، وموقوف ، ومقطوع , وعال مطلق ، وعال نسبي ، ونازل .

Hadits bila di tinjau dari Matan dan Sanadnya terbagi menjadi; Marfu’, Mauquf, Maqthu’, ‘Ali Muthlak, ‘Ali Nasabi dan Nazil.

أ – الحديث المرفوع : ما أضيف إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم.

Ø Hadits Marfu’ ialah; Hadits yang disandarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

وينقسم إلى قسمين : مرفوع صريحاً، ومرفوع حكماً.

ð Hadits Marfu’ terbagi menjadi dua bagian; Marfu’ Sharih (secara tegas) dan Marfu’ Hukum.

فالمرفوع صريحاً : ما أضيف إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم نفسه من قول، أو فعل، أو تقرير، أو وصف في خُلُقه، أو خِلْقَتِه.

v Marfu’ Sharih ialah: Hadits yang disandarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam secara langsung baik berupa perkataan atau perbuatan atau Taqrir (penetapan) atau sifat atau akhlaknya atau penciptaannya.

مثاله من القول: قول النبي صلّى الله عليه وسلّم: "من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد".

Contoh yang berupa perkataan seperti sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam; “Barangsiapa yang mengamalkan suatu ‘amal perbuatan yang bukan berasal dari urusan kami maka ia tertolak”.

و مثاله من الفعل: كان صلّى الله عليه وسلّم إذا دخل بيته بدأ بالسواك.

Contoh yang berupa perbuatan seperti; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila masuk rumahnya, beliau mulainya dengan bersiwak”.

و مثاله من التقرير: تقريره الجارية حين سألها: "أين الله؟" قالت: في السماء، فأقرها على ذلك صلّى الله عليه وسلّم.
وهكذا كل قول، أو فعل علم به النبي صلّى الله عليه وسلّم ولم ينكره، فهو مرفوع صريحاً من التقرير.

Contoh yang berupa Taqrir (penetapan), seperti penetapan beliau terhadap seorang hamba sahaya ketika beliau bertanya kapadanya;”Dimana Allah?”, ia menjawab; Di langit.
Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menetapkan hal tersebut.
Demikian pula seluruh perkataan atau perbuatan yang di ketahui oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tapi beliau diam dan tidak ingkar terhadapnya, maka itu adalah Hadits Marfu’ Sharih yang berupa Taqrir.

و مثاله من الوصف في خُلُقه : كان النبي صلّى الله عليه وسلّم أجود الناس وأشجع الناس، ما سئل شيئاً قط فقال: لا. وكان دائم البشر سهل الخلق، لين الجانب، ما خير بين أمرين إلا اختار أيسرهما إلا أن يكون إثماً فيكون أبعد الناس عنه.

Contoh yang berupa shifat tentang akhlaknya seperti: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, paling pemberani, sama sekali tidak pernah diminta sesuatu pun lalu beliau menjawab; “Tidak”. Beliau adalah orang yang wajahnya senantiasa berseri-seri, halus budi pekertinya, tidak pernah di beri pilihan di antara dua perkara melainkan beliau memilih yang paling benar kecuali berupa dosa, (jika berupa dosa), maka beliau adalah orang yang paling menjauhinya.

و مثاله من الوصف في خِلْقَتِه: كان النبي صلّى الله عليه وسلّم ربعة من الرجال: ليس بالطويل، ولا بالقصير، بعيد ما بين المنكبين، له شعر يبلغ شحمة أذنيه، وربما يبلغ منكبيه، حسن اللحية، فيه شعرات من شيب.

Contoh yang berupa sifat tentang diri Nabi seperti; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang berperawakan sedang, tidak tinggi dan tidak pula pendek, jarak antara kedua pundaknya agak jauh, beliau mempunyai rambut yang panjangnya mencapi daun kedua telinganya, terkadang terurai hingga mencapai kedua pundaknya, jenggotnya rapih dan sedikit beruban.

والمرفوع حكماً: ما كان له حكم المضاف إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم وهو أنواع :

v Marfu’ Hukum ialah; Hadits yang berisi tentang suatu hokum yang di sandarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
ð Marfu’ Hukum ada beberapa macam, diantaranya yaitu;

الأول - قول الصحابي إذا لم يمكن أن يكون من قبيل الرأي ولم يكن تفسيراً، ولا معروفاً قائله بالأخذ عن الإسرائيليات، مثل أن يكون خبراً عن أشراط الساعة، أو أحوال القيامة، أو الجزاء.

Œ Perkataan shahabat jika hal itu tidak mungkin bersumber dari pendapatnya, bukan merupakan penafsiran dan ia tidak dikenal sebagai orang yang mengambil cerita tentang Bani Isra’il, misalnya berupa khabar tentang tanda-tanda hari kiamat, keadaan hari kiamat atau tentang hari pembalasan.

فإن كان من قبيل الرأي فهو موقوف.
وإن كان تفسيراً فالأصل: له حكم نفسه، والتفسير موقوف.
وإن كان قائله معروفاً بالأخذ عن الإسرائيليات، فهو متردد بين أن يكون خبراً إسرائيلياً، أو حديثاً مرفوعاً، فلا يحكم فيه بأنه حديث للشك فيه.
وقد ذكروا أن العبادلة وهم: عبد الله بن عباس، وعبد الله بن الزبير، وعبد الله بن عمر بن الخطاب، وعبد الله بن عمرو بن العاص، أخذوا عن أحبار بني إسرائيل: من كعب الأحبار، أو غيره.

ð Jika bersumber dari pendapatnya, maka dinamakan Mauquf.
ð Jika berupa penafsiran, maka ia memiliki hukun tersendiri dan tafsirnya dinamakan Tafsir Mauquf.
ð Jika orang yang menyampaikanya dikenal dengan orang yang mengambil cerita tentang Bani Isra’il, maka ia diragukan antara apakah termasuk khabar tentang Bani Isra’il atau berupa Hadits Mauquf, dengan demikian, maka tidak boleh menghukuminya sebagai hadits karena masih di ragukan.
Mereka menyebutkan “’Abadalah” (bagi orang yang namanya berawalan “’Abdullah”), sedangkan mereka adalah; ‘Abdullah bin’Abbas, ‘Abdullah bin Zubair, ‘Abdullah bin ‘Umar bin Khattab dan ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash. Mereka mengambil cerita-cerita Bani Isra’il dari Ka’ab Al Akhbar dan lainnya.

الثاني - فعل الصحابي إذا لم يمكن أن يكون من قبيل الرأي، ومثلوا لذلك بصلاة علي رضي الله عنه في الكسوف أكثر من ركوعين في كل ركعة.

 Perbuatan shahabat jika hal itu tidak mungkin bersumber dari pendapatnya, mereka mencontohkan hal tersebut dengan Kusuf yang dilakukan ‘Aly radliyallahu ‘anh dengan ruku’ lebih dari dua kali dalam setiap raka’at.

الثالث - أن يضيف الصحابي شيئاً إلى عهد النبي صلّى الله عليه وسلّم ولم يذكر أنه علم به. كقول أسماء بنت أبي بكر رضي الله عنها: ذبحنا على عهد النبي صلّى الله عليه وسلّم فرساً، ونحن في المدينة فأكلناه.

Ž Sahabat menyandarkan sesuatu kepada masa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan tidak menyebutkan bahwasanya ia mengetahui hal itu, seperti perkataan Asma’ binti Abu Bakar radliyallahu ‘anh; “Kami pernah menyembelih seekor kuda pada masa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan kami berasa di Madinah, lalu kami memakannya”.

الرابع - أن يقول الصحابي عن شيء بأنه من السنة. كقول ابن مسعود رضي الله عنه: من السنة أن يخفي التشهد، يعني في الصلاة.

 Shahabat berkata tentang sesuatu bahwasanya itu termasuk Sunnah, seperti perkataan Ibnu Mas’ud radliyallahu ‘anh; “Termasuk sunnah adalah memelankan bacaan tasyahhud, maksudnya dalam shalat”.

فإن قاله تابعي، فقيل: مرفوع، وقيل: موقوف. كقول عبيد الله بن عبد الله بن عتبة بن مسعود: السنة أن يخطب الإمام في العيدين خطبتين يفصل بينهما بجلوس.

ð Jika tabi’in yang mengatakannya, maka ada yang mengatakan Hadits Marfu’, dan ada yang mengatakan Hadits Mauquf, seperti perkataan ‘Ubaidillah bin ‘Abdullah bin ‘Atabah bin Mas’ud; “Yang di sunnatkan adalah, imam berkhutbah dua kali pada hari ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha yang di antara keduanya si pisah dengan duduk”.

الخامس - قول الصحابي: أمرنا أو نهينا أو أمر الناس ونحوه، كقول أم عطية رضي الله عنها: أمرنا أن نخرج في العيدين العواتق ، وقولها: نهينا عن اتباع الجنائز ولم يعزم علينا ، وقول ابن عباس رضي الله عنهما: أمر الناس أن يكون آخر عهدهم بالبيت ، وقول أنس رضي الله عنه: وقت لنا في قص الشارب وتقليم الأظافر ونتف الإبط وحلق العانة أن لا نترك فوق أربعين ليلة .

 Perkataan shahabat yang berupa; Kami di perintah, atau; Kami di larang, atau; Manusia di perintahkan, dan semacamnya, seperti perkataan Ummu ‘Athiyyah radliyallahu ‘anha;
“Kami diperintahkan agar kami mengajak serta keluar para gadis pada waktu shalat ‘idul Fitri dan ‘idul Adha”.
Dan perkataannya Ummu ‘Athiyyah radliyallahu ‘anha; “Kami (para wanita) dilarang mengiringi jenazah tetapi (larangan itu) tidak di tekankan atas kami”.
Dan perkataan Ibnu Abbas radliyallahu ‘anh; “Orang-orang diperintahkan agar menjadikan akhir dari perjalanan hajii waktu haji mereka adalah thawag di Baitullah”.
Dan perkatan Anas radliyallahu ‘anh; “Kami di beri batas waktu untuk mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan bulu kemaluan tidak lebih dari 40 malam”.

السادس - أن يحكم الصحابي على شيء بأنه معصية؛ كقول أبي هريرة رضي الله عنه فيمن خرج من المسجد بعد الأذان: أما هذا فقد عصى أبا القاسم صلّى الله عليه وسلّم .
وكذا لو حكم الصحابي على شيء بأنه طاعة. إذ لا يكون الشيء معصية أو طاعة إلا بنص من الشارع، ولا يجزم الصحابي بذلك إلا وعنده علم منه.

Shahabat menghukumi terhadap sesuatu bahwasanya itu adalah ma’shiyat, seperti perkataan Abu Hurairah radliyallahu ‘anh tentang orang yang keluar masjid setelah adzan; “Adapun orang ini benar-benar telah mendurhakai Abul Qosim shallallahu ‘alaihi wa sallam”.

ð Begitu pula apabila shahabat menghukumi terhadap sesuatu bahwa itu termasuk keta’atan (atau mengatakan sesuatu itu bukan ma’shiyat atau keta’atan), karena tidaklah sesuatu itu di anggap kema’shiyatan atau keta’atan kecuali dengan dasar Nash Syari’, dan shahabat tidak akan memastikan demikian itu kecuali mereka mengetahui Nash nya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

السابع - قولهم عن الصحابي: رفع الحديث أو رواية؛ كقول سعيد بن جبير عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: "الشفاء في ثلاث: شربة عسل، وشرطة محجم، وكيَّة نار، وأنهى أمتي عن الكي" ، رفع الحديث . وقول سعيد بن المسيب عن أبي هريرة رضي الله عنه رواية: "الفطرة خمس، أو خمس من الفطرة: الختان، والاستحداد، ونتف الإبط، وتقليم الأظفار، وقص الشارب" .
Perkataan mereka (shahabat) dari shahabat yang berupa kata; “ رفع الحديث “ (hadits yang di marfu’kan) atau “ رواية “ (secara periwayatan), seperti perkataan Sa’id bin Jubair dari Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhuma, ia berkata; “Terapi pengobatan itu ada tiga, yaitu; Minum madu, bekam dengan membelah dan kay (menempelkan besi panas pada daerah yang sakit)”. Hadits yang di marfu’kan.
Dan perkataan Sa’id bin al Musayyab dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anh, secara periwayatan; “Fitrah (sunnah-sunnah) itu lima atau lima dari fitrah: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan mencukur kumis”.

وكذلك لو قالوا عن الصحابي: يأثر الحديث، أو ينميه، أو يبلغ به ونحوه، فإن مثل هذه العبارات لها حكم المرفوع صريحاً، وإن لم تكن صريحة في إضافتها إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم لكنها مشعرة بذلك.

ð Dan demikian pula apabila mereka menyampaikan dari shahabat dengan kata; “يَأْثُرُ الحديث “ (telah meriwayatkan hadits ini), atau; “ ينميه “ (telah menyandarkannya), atau “ يبلغ به “ (telah menyampaikannya), dan semacamnya, maka sesungguhnya ungkapan semacam ini semua termasuk hukum Marfu’ Sharih, walaupun tidak sharih dalam penyandarannya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi ada dugaan kuat dengan hal itu.

ب – الحديث الموقوف : ما أضيف إلى الصحابي، ولم يثبت له حكم الرفع.

Ø Hadits Mauquf ialah; Hadits yang disandarkan kepada shahabat, dan tidak ada ketetapan hukum marfu’ baginya’.

مثاله : قول عمر بن الخطاب رضي الله عنه: يهدم الإسلام زلة العالم وجدال المنافق بالكتاب، وحكم الأئمة المضلين.

Seperti perkatan ‘Umar bin Khatthab radliyallahu ‘anh; “Yang dapat menghancurkan Islam adalah tergelincirnya orang ‘alim, perdebatan orang munafik dengan Al-Quran dan hukum para imam yang menyesatkan”.

ج - الحديث المقطوع : ما أضيف إلى التابعي فمن بعده.

Ø Hadits Maqthu’ ialah; Hadits yang disandarkan kepada tabi’in dan orang yang setelahnya (tabi’it tabi’in).

مثاله : قول ابن سيرين: إن هذا العلم دين، فانظروا عمن تأخذون دينكم.

Seperti perkataan Ibnu Sirin; “Sesungguhnya ‘ilmu ini (sanad) adalah agama, maka lihatlah darimana kamu mengambil dien (sanad) mu ini”.

وقول مالك: اترك من أعمال السر ما لا يحسن بك أن تعمله في العلانية.

Dan perkataan Malik; ‘Tinggalkanlah ‘amalan-‘amalan yang tidak nampak selama tidak baik bagimu agar kamu mengerjakannya secara nampak’.

د - الحديث العال المطلق : ما قلَّ عدد رواته بالنسبة إلى سند آخر وانتهى إلى النبي صلى الله عليه وسلم ويقابله النازل المطلق .

Ø Hadits ‘Ali al Muthlaq, yaitu; Hadits yang bilangan perawinya sedikit bila dibandingkan dengan sanad lainnya dan berakhir sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Lawan dari ‘Ali al-Muthlaq ialah; hadits Nazil Muthlaq.

Contoh Hadits ‘Ali al Muthlaq, seperti;

حدثنا عمرو بن زرارة قال أخبرنا عبد العزيز بن أبي حازم عن أبيه عن سهل قال
 : كان بين مصلى رسول الله صلى الله عليه و سلم وبين الجدار ممر الشاة .

(Telah menceritakan kepada kami (1) ‘Amr bin Zurarah ia berkata, telah mengabarkan kepada kami ‘abdul ‘Aziz bin Abi Hazim, dari (3) ayahnya, dari (4) Sahl, ia berkata; “Jarak antara tempat shalat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan dinding ialah selebar jalan lewatnya kambing”.(Shahih Bukhari).

أخبرنا محمد بن أحمد بن أبي عون الرياني قال : حدثنا يعقوب بن إبراهيم الدورقي قال : حدثنا ابن أبي حازم عن أبيه : عن سهل بن سعد قال : كان بين مصلى رسول الله صلى الله عليه و سلم وبين الجدار ممر الشاة .

“Telah mengabarkan kepada kami (1) Muhammad bin Ahmad bin Abi ‘Aun al Rayyany ia berkat; telah menceritakan kapeda kami (2) Ya’qub bin Ibrahim al Dauraqy ia berkata; telah menceritakan kepada kami (3) Ibnu Abi Hazim dari (4) ayahnya, dari (5) Sahl bin Sa’d ia berkata; “Jarak antara tempat shalat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan dinding ialah selebar jalan lewatnya kambing”.(Shahih Ibnu Hibban).

هـ - الحديث العال النسبي : ما قل عدد رواته بالنسبة لسند آخر وانتهى إلى إمام مشهور كمالك والشافعي والبخاري ومسلم ، ويقابله النازل النسبي والعلو أقرب إلى الصحة لقلة الخطإ ، بخلاف النازل فلا يرغب فيه إلا لمزية خاصة .

Ø Hadits ‘Ali al Nasabi, yaitu; Hadits yang perawinya sedikit bila dibandingkan dengan sanad lainnya dan berakhir sampai kepada seorang Imam terkenal seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Bukhari dan Imam Muslim. Lawan dari ‘Ali al Nasabi ialah; Nazil al Nasabi, dan Hadits ‘Ali lebih mendekati pada ke shahihan karena kemungkinan salahnya lebih kecil, berbeda dengan Hadits Nazil, ia tidak terpuji kecuali karena memiliki kelebihan secara khusus.

Contoh Hadits ‘Ali al Nasabi, seperti;

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ حَدَّثَنَا حَرِيزُ بْنُ عُثْمَانَ قال حدثني عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ النَّصْرِيَّ قَالَ سَمِعْتُ وَاثِلَةَ بْنَ الْأَسْقَعِ يَقُولُ قَالَ رسول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : إِنَّ مِنْ أَعْظَمِ الْفِرَى أَنْ يَدَّعِىَ الرَّجُلُ إِلَى غَيْرِ أَبِيهِ أَوْ يُرِيَ عَيْنَيْهِ فِي الْمَنَامِ مَا لَمْ تَرَيَا أَوْ يَقُولَ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا لَمْ يَقُلْ .

Telah menceritakan kepada kami ‘Aliy bin ‘Ayyasy telah menceritakan kepada kami Hariz bin ‘Utsman telah menceritakan kepadaku ‘Abdul Wahid bin ‘Abdullah an Nashry ia berkata; Aku mendengar Watsilah bin Asqa’ berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; "Sesengguhnya kebohongan yang paling besar adalah jika seseorang mengaku (sebagai anak) dari orang yang bukan bapaknya, atau (seseorang) mangaku kedua matanya melihat sesuatu dalam mimpi padahal tidak bermimpi apapun, atau seseorang mengatakan sesuatu atas nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apa yang tidak beliau sabdakan”.

Komentar

  1. terima kasih sangat bermaanfaat bagi kami para santri.semoga penulis selalu dalam lindungan dan rahmat ALLAH SWT.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 5

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 4

الا لا تنال العلم الا بستة