Ktab-kitab Terdahulu


الصُّحُفُ الأُولَى
KITAB-KITAB TERDAHULU


Alih Bahasa;
Syamsul Arifin


Pendahuluan;

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين. أما بعد:

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan alam semesta, shalawat serta salam mudah-mudahan dicurahkan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarganya dan seluruh shahabatnya. Amma ba’du;

قال الله تعالى: وَكَتَبْنَا لَهُ فِي الأَلْوَاحِ مِن كُلِّ شَيْءٍ مَّوْعِظَةً وَتَفْصِيلاً لِّكُلِّ شَيْءٍ فَخُذْهَا بِقُوَّةٍ وَأْمُرْ قَوْمَكَ يَأْخُذُواْ بِأَحْسَنِهَا سَأُرِيكُمْ دَارَ الْفَاسِقِينَ.

Allah Ta’ala berfirman; “Dan telah Kami tuliskan untuk Musa pada lauh-lauh segala sesuatu sebagai pelajaran dan penjelasan untuk segala hal; maka (Kami berfirman); “Berpegang teguhlah kepadanya dan suruhlah kaummu berpegang kepadanya dengan sebaik-baiknya, Aku akan memperlihatkan kepadamu negeri orang-orang fasik””.(Qs. Al A’raf 145).

وَرُوِيَ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ:  دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ فَإِذَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسٌ وَحْدَهُ، فَجَلَسْتُ إِلَيْهِ فَقُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، إِنَّكَ أَمَرْتَنِي بِالصَّلَاةِ. قَالَ:  "الصَّلَاةُ خَيْرُ مَوْضُوعٍ فَاسْتَكْثِرْ أَوِ اسْتَقِلَّ". قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "إِيمَانٌ بِاللَّهِ، وَجِهَادٌ فِي سَبِيلِهِ". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ الْمُسْلِمِينَ أَسْلَمُ؟ قَالَ: "منْ سَلِم الناسُ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ".

Dan diriwayatkan dari Abu Dzar ia berkata; Pada suatu ketika aku masuk ke dalam masjid, dan aku menjumpai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang duduk seorang diri, maka aku pun duduk menemaninya dan bertanya kepadanya; Wahai Rasulallah, sesungguhnya tuan telah memerintahkan kepadaku untuk menunaikan shalat (sunnah). Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Shalat adalah sebaik-baik pekerjaan, maka perbanyaklah atau persedikitlah”. Abu Dzar berkata; Aku bertanya; Wahai Rasulallah, ‘amal apakah yang paling utama? Beliau menjawab; “Iman kepada Allah dan berjihad di jalan-Nya. Aku bertanya; Wahai Rasulallah, siapakah orang mumin yang paling utama? Beliau menjawab; “Di antara mereka yang paling baik akhlaknya. Aku bertanya; Wahai Rasulallah, siapakah orang muslim yang paling selamat? Beliau menjawab; “Yaitu orang  yang orang-orang lainnya selamat dari bahaya lisan dan tangannya”.

قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ الْهِجْرَةِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "مَنْ هَجَر السَّيِّئَاتِ". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "طُولُ الْقُنُوتِ". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "فَرْضٌ مُجَزِّئٌ وَعِنْدَ اللَّهِ أَضْعَافٌ كَثِيرَةٌ". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ الْجِهَادِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "مَنْ عُقِر جَوَادُهُ وَأُهْرِيْقَ دَمُه". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ الرِّقَابِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "أَغْلَاهَا ثَمَنًا وَأَنْفَسُهَا عِنْدَ أَهْلِهَا". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "جَهْد مِنْ مُقِلٍّ، وَسِرٌّ إِلَى فَقِيرٍ". قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَيُّ آيَةٍ مَا أُنْزِلَ عَلَيْكَ أَعْظَمُ ]مِنْهَا[ ؟قَالَ: "آيَةُ الْكُرْسِيِّ".

Aku bertanya; Wahai Rasulallah, hijrah apakah yang paling utama? Beliau menjawab; “Orang yang hijrah (meninggalkan) semua kejahatan. Aku bertanya; Wahai Rasulallah, shalat apakah yang paling utama? Beliau menjawab; “Yang paling panjang qunutnya. Aku bertanya; Wahai Rasulallah, puasa apakah yang paling utama? Beliau menjawab; “Melakukan puasa fardu dengan cukup (baik), dan di sisi Allah ada pahala yang berlipat-lipat dengan kelipatan yang banyak”. Aku bertanya; Wahai Rasulallah, jihad apakah yang paling utama? Beliau menjawab; “Orang yang kudanya disembelih dan darah dirinya ditumpahkan (gugur). Aku bertanya; Wahai Rasulallah, hamba sahaya manakah yang paling utama? Beliau menjawab; “Hamba sahaya yang paling mahal harganya dan paling bernilai di kalangan tuannya. Aku bertanya; Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling utama? Beliau menjawab; “Kesungguhan dari orang yang kekurangan, dan bersedekah secara sembunyi-sembunyi kepada orang fakir. Aku bertanya; Wahai Rasulullah, ayat apakah yang paling agung di antara yang diturunkan kepada tuan? Beliau menjawab; "Ayat Kursiy”.

ثُمَّ قَالَ: "يَا أباذر، وما السموات السَّبْعُ مَعَ الْكُرْسِيِّ إِلَّا كَحَلْقَةٍ مُلْقَاةٍ بِأَرْضٍ فَلاة، وَفَضْلُ الْعَرْشِ عَلَى الْكُرْسِيِّ كَفَضْلِ الْفَلَاةِ عَلَى الْحَلْقَةِ". قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، كَمِ الْأَنْبِيَاءُ؟ قَالَ: "مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا" قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، كَمِ الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ؟ قَالَ: "ثَلَاثُمِائَةٍ، وَثَلَاثَةَ عَشَرَ جمٌّ غَفيرٌ كَثِيرٌ طَيِّبٌ". قُلْتُ: فَمَنْ كَانَ أَوَّلَهُمْ؟ قَالَ: "آدَمُ". قُلْتُ: أَنَبِيٌّ مُرْسَلٌ؟ قَالَ: "نَعَمْ، خَلَقَهُ اللَّهُ بِيَدِهِ، وَنَفَخَ فِيهِ مِنْ رُوحِهِ، وسَوَّاه قَبِيلا ثُمَّ قَالَ: "يَا أَبَا ذَرٍّ، أَرْبَعَةٌ سُرْيَانِيُّونَ: آدَمُ، وَشِيثٌ، وخَنُوخ – وَهُوَ إِدْرِيسُ، وَهُوَ أَوَّلُ مَنْ خَطَّ بِقَلَمٍ- وَنُوحٌ. وأربعة من العرب: هود، وشعيب، وَصَالِحٌ، وَنَبِيُّكَ يَا أَبَاذَرٍّ. وَأَوَّلُ أَنْبِيَاءِ بَنِي إِسْرَائِيلَ مُوسَى، وَآخِرُهُمْ عِيسَى. وَأَوَّلُ الرُّسُلِ آدَمُ، وَآخِرُهُمْ مُحَمَّدٌ".

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; "Wahai Abu Dzar, tiadalah tujuh langit dibandingkan dengan Kursiy, melainkan seperti gelang yang dilemparkan di tengah padang sahara. Dan keutamaan ‘Arasy atas Kursiy sama dengan keutamaan padang sahara atas gelang itu”. Abu Dzar berkata; Aku bertanya; Wahai Rasulallah, berapakah jumlah para Nabi? Beliau menjawab; “Seratus dua puluh empat ribu Nabi. Abu Dzar berkata; Aku bertanya; Wahai Rasulallah, berapakah jumlah para Rasul dari kalangan mereka? Beliau menjawab; “Tiga ratus tiga belas Rasul, jumlah yang cukup banyak lagi baik. Aku bertanya; Siapakah yang paling pertama di antara mereka? Beliau menjawab; “Adam. Aku bertanya; Apakah dia seorang nabi yang menjadi Rasul? Beliau menjawab; “Ya, Allah menciptakannya dengan tangan kekuasaan-Nya dan meniupkan ruh-Nya ke dalam tubuhnya, dan menyempurnakannya sebelum itu”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Wahai Abu Dzar, empat orang adalah bangsa Suryaniy, yaitu; Adam, Syits, Khanukh -yaitu Idris-, dia adalah orang yang mula-mula menulis dengan pena, dan Nuh. Empat orang dari bangsa Arab, yaitu; Hud, Syu'aib, Shaleh, dan Nabimu wahai Abu Dzar. Nabi kaun Bani Israil yang pertama adalah Musa dan yang terakhir adalah Isa. Dan Rasul yang pertama adalah Adam, dan yang terakhir adalah Muhammad.

قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، كَمْ كِتَابًا أَنْزَلَهُ اللَّهُ؟ قَالَ: "مِائَةُ كِتَابٍ وَأَرْبَعَةُ كُتُبٍ، وَأَنْزَلَ اللَّهُ عَلَى شِيثٍ خَمْسِينَ، صَحِيفَةً، وَعَلَى خَنُوخ ثَلَاثِينَ صَحِيفَةً، وَعَلَى إِبْرَاهِيمَ عَشْرَ صَحَائِفَ، وَأَنْزَلَ عَلَى مُوسَى مِنْ قَبْلِ التَّوْرَاةِ عَشْرَ صَحَائِفَ وَالْإِنْجِيلَ وَالزَّبُورَ وَالْفَرْقَانَ".

Abu Dzar berkata; Aku bertanya; Wahai Rasulallah, berapakah jumlah kitab yang diturunkan oleh Allah Ta’ala? Beliau menjawab; “Seratus empat buah kitab. Allah menurunkan kepada Syits sebanyak lima puluh shuhuf, kepada Khunukh (Idris) tiga puluh shuhuf, kepada Ibrahim sepuluh shuhuf, dan kepada Musa sebelum Taurat sepuluh shuhuf. Dan Allah menurunkan kitab Taurat, kitab Injil, kitab Zabur, dan Al-Furqan (Al-Qur’an).

قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، مَا كَانَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيمَ؟ قَالَ: "كَانَتْ كُلُّهَا: يَا أَيُّهَا الْمَلِكُ الْمُسَلَّطُ الْمُبْتَلَى الْمَغْرُورُ، إِنِّي لَمْ أَبْعَثْكَ لِتَجْمَعَ الدُّنْيَا بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ، وَلَكِنِّي بَعَثْتُكَ لِتَرُدَّ عَنِّي دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ، فَإِنِّي لَا أَرُدَّهَا وَلَوْ كَانَتْ مِنْ كَافِرٍ.

Abu Dzar berkata; Aku bertanya; Wahai Rasulallah, apa sajakah kandungan shuhuf Nabi Ibrahim? Beliau menjawab; “Semuanya mengandung kalimat berikut; ‘Wahai raja yang berkuasa, yang mendapat cobaan lagi teperdaya. Sesungguhnya Aku tidak menjadikanmu untuk menghimpun dunia sebagian darinya dengan sebagian yang lain, tetapi aku menjadikanmu agar menjauhkan do’a orang yang teraniaya dari-Ku, karena sesungguhnya Aku tidak akan menolaknya, sekalipun dari orang kafir”.

وَكَانَ فِيهَا مِثَالٌ: وَعَلَى الْعَاقِلِ أَنْ يَكُونَ لَهُ سَاعَاتٌ: سَاعَةٌ يُنَاجِي فِيهَا رَبَّهُ، وَسَاعَةٌ يُحَاسِبُ فِيهَا نَفْسَهُ، وَسَاعَةٌ يُفَكِّرُ فِي صُنْعِ اللَّهِ، وَسَاعَةٌ يَخْلُو فِيهَا لِحَاجَتِهِ مِنَ الْمَطْعَمِ وَالْمَشْرَبِ. وَعَلَى الْعَاقِلِ أَلَّا يَكُونَ ضَاغِنًا إِلَّا لِثَلَاثٍ: تَزَوُّدٍ لِمَعَادٍ، أَوْ مَرَمَّة لِمَعَاشٍ، أَوْ لَذَّةٍ فِي غَيْرِ مُحَرَّمٍ. وَعَلَى الْعَاقِلِ أَنْ يَكُونَ بَصِيرًا بِزَمَانِهِ، مُقْبِلًا عَلَى شَأْنِهِ، حَافِظًا لِلِسَانِهِ، ومَنْ حَسِب كَلَامَهُ مِنْ عَمَلِهِ قَلَّ كَلَامُهُ إِلَّا فِيمَا يَعْنِيهِ".

Dan di dalamnya terkandung banyak sindiran, (diantaranya); "Bagi orang yang berakal seharusnya membagi waktunya menjadi beberapa saat. Sesaat ia gunakan untuk bermunajat kepada Tuhannya, sesaat ia gunakan untuk menghisab dirinya sendiri, sesaat ia gunakan untuk memikirkan ciptaan Allah, dan sesaat lagi ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan dirinya mencari makan dan minum. Dan bagi orang yang berakal seharusnya tidak condong kecuali kepada tiga perkara, yaitu; Mencari bekal untuk hari kemudian, mencari penghidupan, atau kesenangan yang tidak diharamkan. Dan bagi orang yang berakal seharusnya mengetahui zamannya guna menghadapi urusannya serta memelihara lisan­nya. Barangsiapa yang menghitung-hitung perkataannya dengan amalnya, niscaya ia akan sedikit bicara, kecuali dalam hal yang bermanfa’at baginya.

قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَمَا كَانَتْ صُحُفُ مُوسَى؟ قَالَ: "كَانَتْ عِبَرًا كُلُّهَا: عَجِبْتُ لِمَنْ أَيْقَنَ بِالْمَوْتِ ثُمَّ هُوَ يَفْرَحُ، عَجِبْتُ لِمَنْ أَيْقَنَ بالقَدَر ثُمَّ هُوَ يَنْصب، وَعَجِبْتُ لِمَنْ يَرَى الدُّنْيَا وتَقَلُّبَهَا بِأَهْلِهَا ثُمَّ يَطْمَئِنُّ إِلَيْهَا، وَعَجِبْتُ لِمَنْ أَيْقَنَ بِالْحِسَابِ غَدًا ثُمَّ هُوَ لَا يَعْمَلُ" قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، فَهَلْ فِي أَيْدِينَا شَيْءٌ مِمَّا فِي أَيْدِي إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى، وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ عَلَيْكَ؟ قَالَ: "نَعَمْ، اقْرَأْ يَا أَبَاذَرٍّ: قَدْ أَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى. وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّى. بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا. وَالآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى. إِنَّ هَذَا لَفِي الصُّحُفِ الأولَى. صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى [الْأَعْلَى: 14-19] .

Abu Dzar melanjutkan; Aku bertanya; Wahai Rasulallah, apakah yang terkandung dalam shuhuf Nabi Musa? Beliau menjawab; “Semuanya berupa pengajaran, seperti; Aku sangat heran kepada orang yang percaya dengan kematian, kemudian ia merasa gembira. Aku sangat heran kepada orang yang percaya dengan takdir, kemudian ia bersusah payah. Aku sangat heran kepada orang yang melihat dunia dan terombang-ambingkannya ahli dunia, kemudian ia merasa tenang dengan dunia. Dan aku sangat heran kepada orang yang percaya dengan hisab pada hari kemudian, kemudian ia tidak beramal’”. Abu Dzar berkata; Aku bertanya; Wahai Rasulallah, apakah di dalam kitab (Al-Qur'an) yang ada di tangan kita terdapat sesuatu dari apa yang disebutkan dalam kitab-kitab Nabi Ibrahim dan Nabi Musa, apa yang Allah turunkan kepada tuan? Beliau menjawab; “Ya benar, wahai Abu Dzar, bacalah firman Allah Ta’ala; 'Sungguh beruntung orang yang mensucikan diri (dengan beriman), dan mengingat nama Tuhannya, lalu ia shalat. Sedangkan kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. Padahal kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal. Sesungguhnya ini terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu, (yaitu) kitab-kitab Ibrahim dan Musa'’”. (Qs. Al-A'la; 14-19).

قَالَ: قَلْتُ يَارَسُولَ اللَّهِ، فَأَوْصِنِي. قَالَ: "أُوصِيكَ بِتَقْوَى اللَّهِ، فَإِنَّهُ رَأْسُ أَمْرِكَ". قَالَ: قَلْتُ يَارَسُولَ اللَّهِ، زدْني. قَالَ: "عَلَيْكَ بِتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ، وذِكْراللَّهِ، فَإِنَّهُ ذكرٌ لَكَ فِي السَّمَاءِ، ونورٌ لَكَ فِي الْأَرْضِ". قَالَ: قُلْتُ: يَارَسُولَ اللَّهِ، زِدْنِي. قَالَ: "إِيَّاكَ وَكَثْرَةَ الضَّحِكِ. فَإِنَّهُ يُمِيتُ الْقَلْبَ، ويُذْهِبُ بِنُورِ الْوَجْهِ". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "عَلَيْكَ بِالْجِهَادِ، فَإِنَّهُ رَهْبَانِيَّةُ أُمَّتِي". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "عَلَيْكَ بِالصَّمْتِ إِلَّا مِنْ خَيْرٍ، فَإِنَّهُ مَطْرَدَةٌ لِلشَّيْطَانِ وَعَوْنٌ لَكَ عَلَى أَمْرِ دِينِكَ". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "انْظُرْ إِلَى مَنْ هُوَ تَحْتَكَ، وَلَا تَنْظُرْ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكَ، فَإِنَّهُ أَجْدَرُ لَكَ أَلَّا تَزْدَرِيَ نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكَ". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "أَحْبِبِ الْمَسَاكِينَ وَجَالِسْهُمْ، فَإِنَّهُ أَجْدرُ أَنْ لَا تَزْدَرِي نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكَ". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "صِلْ قَرَابَتَكَ وَإِنْ قطَعوك". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "قُلِ الْحَقَّ وَإِنْ كَانَ مُرًّا". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "لَا تَخَفْ فِي اللَّهِ لَوْمَةَ لَائِمٍ". قُلْتُ: زِدْنِي. قَالَ: "يَرُدَّك عَنِ النَّاسِ مَا تَعْرِفُ عَنْ نَفْسِكَ، وَلَا تَجِدُ عَلَيْهِمْ فِيمَا تُحِبُّ، وَكَفَى بِكَ عَيْبًا أَنَّ تَعْرِفَ مِنَ النَّاسِ مَا تَجْهَلُ مِنْ نَفْسِكَ. أَوْ تَجِدَ عَلَيْهِمْ فِيمَا تُحِبُّ". ثُمَّ ضَرَبَ بِيَدِهِ صَدْرِي، فَقَالَ: "يَا أَبَاذَرٍّ، لَاعَقْل كَالتَّدْبِيرِ، وَلَا وَرَع كَالْكَفِّ، وَلَا حَسَبَ كَحُسْنِ الْخُلُقِ".

Abu Dzar melanjutkan; Aku berkata; Wahai Rasulallah, berwasiadah kepadaku. Maka beliau bersabda; “Aku berwasiat kepadamu agar bertakwa kepada Allah, karena sesungguhnya takwa adalah pokok dari segala urusanmu”. Aku berkata; Wahai Rasulallah, tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Hendaklah kamu senantiasa membaca Al-Qur'an dan berdzikir kepada Allah, karena sesungguhnya hal itu merupakan sebutan bagimu di langit dan merupakan cahaya bagimu di bumi”. Aku berkata; Wahai Rasulallah, tambahkanlah untukku. “Hindarilah olehmu banyak tertawa, karena sesungguhnya hal itu dapat mematikan hati dan melenyapkan cahaya wajah”. Aku berkata; Wahai Rasulallah, tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Berjihadlah kamu, karena sesungguhnya jihad merupakan ruhbaniyyah (kependetaan) ummatku”. Aku berkata; Tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Hendaklah kamu senantiasa diam kecuali dari kebaikan, karena sesungguhnya (banyak) diam dapat mengusir syaitan dan membantumu untuk mengerjakan urusan agamamu”. Aku berkata; Tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Pandanglah orang yang dibawahmu dan janganlah kamu memandang orang yang diatasmu, karena sesungguhnya hal itu lebih pantas bagimu untuk tidak meremehkan ni’mat Allah kepadamu”. Aku berkata; Tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Cintailah orang-orang miskin dan duduklah (bergaullah) bersama mereka, karena sesungguhnya hal itu lebih pantas untuk tidak meremehkan ni’mat Allah kepadamu”. Aku berkata; Tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Sambunglah hubungan kekerabatanmu, sekalipun mereka memu­tuskanmu”. Aku berkata; Tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Katakanlah perkara yang hak, sekalipun itu terasa pahit”. Aku berkata; Tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Janganlah kamu takut terhadap celaan orang yang mencela karena membela Allah. Aku berkata; Tambahkanlah untukku. Beliau bersabda; “Apa yang kamu ketahui mengenai dirimu dapat mencegahmu terhadap orang lain, sedangkan kamu tidak menemukan pada mereka apa yang kamu sukai. Cukuplah sebagai aib bagimu jika kamu mengetahui dari orang lain apa yang tidak kamu ketahui mengenai dirimu, atau kamu menemukan pada mereka apa yang kamu sukai”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengusapkan tangannya kedadaku seraya bersabda; “Wahai Abu Dzar, tidak ada akal seperti berpikir, tidak ada wira'i seperti menahan diri, dan tidak ada kehormatan seperti akhlak yang mulia”.

وَاللهَ تَعَالَى أَسْأَلُ أَنْ يَنْفَعَ بِهِ وَأَنْ يَجْعَلَهُ خَالِصًا لِوَجْهِهِ، إِنَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

Hanya kepada Allah Ta’ala sajalah aku memohon agar senantiasa menjadikan catatan ini bermanfa’at dan murni hanya karena mengharapkan ridla-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 5

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 4

الا لا تنال العلم الا بستة