Ayyuhal Walad || Wasiat Imam Ghazali Untuk Para Pelajar Bag. 12

Surat Wasiyat al-Ghazali
Bagi Para Pelajar
Kitab Ayyuhal Walad
Bag. 12




أَيُّهَا الْوَلَدُ..!!
وَالْبَاقِي مِنْ مَسَائِلِكَ بَعْضُهَا مَسْطُوْرٌ فِي مُصَنَّفَاتِي، فَاطْلُبْهُ ثَمَّةَ: وَكِتَابَةُ بَعْضِهَا حَرَامٌ، اِعْمَلْ أَنْتَ بِمَا تَعْلَمُ، لِيَنْكَشِفَ لَكَ مَا لَمْ تَعْلَمْ، (((قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:" من عمل بما علم ورثه الله علم ما لم يعلم" قال العراقي في تخريج أحاديث الإحياء 1\71: أخرجه أبو نعيم في الحلية من حديث أنس وضعفه))).

Wahai anakku !.
Masalah lain yang masih tersisa dari pertanyaanmu sebagiannya telah tertulis dalam kitab-kitab karanganku, carilah dari sana, dan sebagiannya lagi adalah haran untuk ditulis. Amalkanlah apa yang kamu ketahui, agar terbuka bagimu apa yang belum kamu ketahui.
(((Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Barangsiapa yang mengamalkan apa yang diketahui, maka Allah akan mewariskan kepadanya ‘ilmu yang belum ia ketahui”))).


أَيُّهَا الْوَلَدُ..!!
بَعْدَ الْيَوْمِ لَا تَسْأَلْنِي مَا أُشْكِلَ عَلَيْكَ إِلَّا بِلِسَانِ الْجِنَانِ، لِقَوْلِهِ تَعَالَى:{وَلَوْأَنَّهُمْ صَبَرُوْا حَتَّى تَخْرُجَ إِلَيْهِمْ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ}

Wahai anakku !.
Setelah hari ini janganlah kamu bertanya lagi kepadaku tentang sesuatu yang masih belum jelas bagimu, kecuali dengan bahasa hati, karena Allah Ta’ala telah berfirman; “Dan sekiranya mereka bersabar sampai engkau keluar menemui mereka, niscaya itu akan lebih baik bagi mereka”. (Qs. Al Hujurat; 5).

وَاقْبَلْ نَصِيْحَةَ الْخَضِرِ عَلَيِهْ السَّلَامُ حِيْنَ قَالَ:{فَلَا تَسْئَلْنِي عَنْ شَيْءٍ حَتَّى أُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا}

Terimalah nasehat Nabi Khidlir ‘alaihissalam, ketika berkata (kepada Nabi Musa ‘alaihissalam);
“Jangan engkau bertanya kepadaku tentang sesuatu apapun, hingga aku sendiri yang menerangkannya kepadamu”. (Qs. Al Kahfi; 70).

وَلَا تَسْتَعْجِلْ حَتَّى تَبْلُغَ أَوَانَهُ يُكْشَفُ لَكَ وَتَرَاهُ:{سَأُرِيْكُمْ آيَاتِي فَلَا تَسْتَعْجِلُوْنَ}.

Dan janganlah kamu tergesa-gesa sehingga dirimu sampai pada masanya, kelak kamu akan dibukakan bagimu dan kamu akan mengetahuinya; {“kelak akan Aku perlihatkan kepadamu tanda-tanda (kekuasaan)Ku maka janganlah kamu meminta Aku menyegerakannya”}. (Qs. Al Anbiya’; 37).
فَلَا تَسْأَلْنِي قَبْلَ الْوَقْتِ، وَتَيَقَّنْ أَنَّكَ لَا تَصِلُ إِلَّا بِالسَّيْرِ لِقَوْلِهِ تَعَالَى:{أَوَلَمْ يَسِيْرُوا فِي الْأَرْضِ فَيَنْظُرُوْا}.

Maka janganlah kamu bertanya kepadaku sebelum waktunya, dan yakinlah bahwa kamu tidak akan sampai kecuali dengan menjalaninya. Allah Ta’ala berfirman; “Dan tidakkah mereka bepergian di bumi lalu mereka melihat”.  ( Qs. Ar Rum; 9 ).


أَيُّهَا الْوَلَدُ..!!
بِاللهِ إِنْ تَسِرْ تَرَ الْعَجَائِبَ فِي كُلِّ مَنْزِلٍ، وَابْذُلْ رَاحَكَ، فَإِنَّ رَأْسَ هَذَا الْأَمْرِ بَذْلُ الرُّوْحِ، كَمَا قَالَ ذُو النُّوْنِ الْمِصْرِي رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى لِأَحَدِ تَلَامِذَتِهِ: إِنْ قَدَرْتَ عَلَى بَذْلِ الرُّوْحِ فَتَعَالَ، وَإِلَّا فَلَا تَشْتَغِلْ بِتُرْهَاتِ الصُّوْفِيَّةِ.

Wahai anakku !.
Demi Allah, apabila kamu telah berjalan, maka kamu akan melihat keajaiban-keajaiban disetip tempat. Dan pasrahkanlah jiwamu, karena sesungguhnya pokok dari perkara ini adalah penyerahan jiwa, sebagaimana Dzun Nun Al Mishri rahimahullahu Ta’ala berkata kepada seorang muridnya;
“Jika kamu mampu menyerahkan jiwamu, maka kemarilah, namun jika tidak mampu, maka janganlah kamu menyibukkan diri dengan omong kosong soal tashawwuf “.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 5

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 4

الا لا تنال العلم الا بستة