Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 1
Judul
Asli; Ta’lim Al Muta’allim
Karya:
Syaikh Az-Zarnuji
Penerjemah;
Syamsul Arifin
Muqaddimah
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Dengan
menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
الحمد لله الذى فضل على بنى آدم
بالعلم والعمل على جميع العالم، والصلاة والسلام على محمد سيد العرب والعجم، وعلى
آله وأصحابه ينابيع العلوم والحكم.
Segala
puji bagi Allah yang telah mengangkat harkat derajat manusia dengan ‘ilmu dan ‘amal
atas seluruh alam. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan atas Nabi Muhammad
pemimpin seluruh umat manusia ‘Arab dan ‘Ajam, dan semoga pula tercurahkan atas
keluarga dan para shahabatnya yang menjadi sumber ‘ilmu dan hikmah.
وبعد…فلما رأيت كثيرا من طلاب العلم فى زماننا يجدون إلى العلم
ولايصلون [ومن منافعه وثمراته ـ وهى العمل به والنشر ـ يحرمون] لما أنهم أخطأوا
طريقه وتركوا شرائطه، وكل من أخطأ الطريق ضل، ولاينال المقصود قل أو جل، فأردت
وأحببت أن أبين لهم طريق التعلم على ما رأيت فى الكتب وسمعت من أساتيذى أولى العلم
والحكم، رجاء الدعاء لى من الراغبين فيه، المخلصين، بالفوز والخلاص فى يوم الدين،
بعد ما استخرت الله تعالى فيه،
Selanjutnya;
Setelah saya memperhatikan para pelajar (santri) di zaman kita ini, mereka
telah bersungguh-sungguh dalam mencari ‘ilmu, tapi banyak dari mereka yang tidak
sukses dan tidak mendapat manfa’at serta buah dari ilmunya, ya’ni mereka
terhalang dari mengamalkan dan menyebatkan ‘ilmunya. Hal itu terjadi karena
cara mereka salah dalam menuntut ‘ilmu, dan mereka meninggalkan syarat-syaratnya.
Barangsiapa salah jalan, ia akan tersesat dan tidak akan mendapatkan apa yang
di maksud, sedikit maupun banyak. Oleh karena itu saya ingin menjelaskan kepada
mereka penuntut ‘ilmu cara mencari ‘ilmu menurut kitab-kitab yang saya pelajari
dan menurut nashihat para guru saya yang ahli ‘ilmu dan hikmah. Dengan harapan,
semoga mereka para pecinta ‘ilmu yang tulus ikhlas senantiasa mendo’akan saya
sehingga saya mendapatkan keberuntungan dan keselamatan di akhirat. Begitulah harapan
saya setelah ber-istikharah kepada Allah Ta’ala dalam menyusun kitab ini.
وسميته: تعليم المتعلم طريق التعلم
وجعلته فصولا:
فصل : فى ماهية العلم، والفقه، وفضله.
فصل : فى النية فى حال التعلم.
فصل : فى اختيار العلم، والأساتذ، والشريك، والثبات.
فصل : فى تعظيم العلم وأهله.
فصل : فى الجد والمواظبة والهمة.
فصل : فى بداية السبق وقدره وترتيبه.
فصل : فى التوكل.
فصل : فى وقت التحصيل.
فصل : فى الشفقة والنصيحة.
فصل : فى الإستفادة.
فصل : فى الورع.
فصل : فيما يورث الحفظ، وفيما يورث النسيان.
فصل : فـيمـا يجـلب الـرزق، وفيـما يمـنع، وما يزيـد فى العـمـر، وما
ينقص.
Dan kitab ini saya beri nama; “Ta’limul
Muta’alim Thariqatat Ta’allum” (Mengajarkan Tata Cara Belajar Kepada Para
Pelajar). Dan saya menjadikan kitab ini terdiri dari tiga belas fasal;
Fasal
I; Tentang Hakekat ‘Ilmu, Fiqih Dan Keutamaannya.
Fasal
II; Tentang Niyat Dalam Mencari ‘Ilmu.
Fasal
III; Tentang Memilih ‘Ilmu, Guru, Teman, Dan Ketabahan.
Fasal
IV; Tentang Mengagungkan ‘Ilmu Dan Ahli ‘Ilmu (‘Ulama’).
Fasal
V; Tentang Kesungguhan Dalam Mencari ‘Ilmu, Kegigihan Dan Cita-Cita Luhur.
Fasal
VI; Tentang Memulai Belajar, Ukuran Dan Urut-Urutan Belajar.
Fasal
VII; Tentang Tawakkal.
Fasal
VIII; Tentang Masa Belajar.
Fasal
IX; Tentang Kasih Sayang Dan Nasehat.
Fasal
X; Tentang Mencari Faidah ‘Ilmu.
Fasal
XI; Tentang Berlaku Wira’i Di Saat Menuntut Ilmu.
Fasal
XII; Tentang Hal-Hal Yang Menyebabkan Kuatknya Hafalan Dan Yang Menyebabkan Lupa.
Fasal
XIII; Tentang Hal-Hal Yang Dapat Mendatangkan Rizki, Dan Yang Mencegah
Datangnya Rizki, Serta Yang Dapat Memperpanjang Dan Mengurangi Umur.
وما توفيقى إلا بالله عليه توكلت وإليه أنيب.
Tiada
pertolongan bagiku kecuali Allah, hanya kepada-Nya-lah saya berserah diri, dan hanya
kepada-Nya-lah saya kembali.
فصل
فى ماهية
العلم، والفقه، وفضله
Fasal
I; Tentang Hakekat ‘Ilmu, Fiqih Dan Keutamaannya.
A.
kewajiban Mencari ‘Ilmu
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: طلب العلم فريضة على كل مسلم
ومسلمة
Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Menuntut
‘ilmu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan”.
اعلم, بأنه لايفترض على كل مسلم، طلب كل علم وإنما يفترض عليه طلب علم
الحال كما قال: وأفضل العلم علم الحال، وأفضل العمل حفظ الحال
Ketahuilah,
bahwa tidaklah diwajibkan bagi setiap muslim dan muslimat untuk menuntut
berbagai macam ‘ilmu, akan tetapi mereka hanya diwajibkan untuk menuntut ‘ilmu
Hal (yaitu; ‘Ilmu Ushuluddin dan ‘Ilmu Fiqih yang berhubungan dengan ahwal
(keadaan) manusia itu sendiri yang berupa kekufuran, keimanan, shalat, zakat
dan lain-lainnya), sebagaimana yang dikatakan; “Sebaik-baik ‘ilmu ialah
‘ilmu Hal, dan sebaik-baik ‘amal ialah memelihara Hal”.
ويفترض على المسلم طلب ما يقع له فى حاله، فى أى حال كان، فإنه لابد
له من الصلاة فيفترض عليه علم ما يقع له فى صلاته بقدر ما يؤدى به فرض الصلاة،
Dan
bagi setiap muslim wajib mempelajari ‘ilmu sesuatu yang akan dikerjakan pada
setiap keadaannya. Oleh karena setiap muslim wajib mengerjakan shalat, maka
wajib baginya untuk mengetahui hal-hal yang akan dikerjakan dalam shalatnya
sebatas apa yang harus dijalankan dalam menunaikan kewajiban shalat. (Seperti
mengetahui tata cara mengerjakan shalat dan syarat serta rukunnya).
ويجب عليه علم ما يقع له بقدر ما يؤدى به الواجب، لأن ما يتوسل به إلى
إقامة الفرض يكون فرضا، وما يتوسل به إلى إقامة الواجب يكون واجبا وكذا فى الصوم،
والزكاة، إن كان له مال، والحج إن وجب عليه. وكذا فى البيوع إن كان يتجر.
Dan
bagi setiap muslim wajib mempelajari ‘ilmu sesuatu yang berhubungan dengan
suatu kewajiban. Karena sesuatu yang menjadi perantara untuk melakukan
kewajiban, mempelajari/perantara tersebut hukumnya wajib (seperti wudlu). Begitu
pula tentang puasa dan zakat jika ia memiliki harta, hajji bila ia telah berkewajiban
menunaikan hajji, dan tentang jual beli jika ia sebagai pedagang.
قيل لمحمد بن الحسن، رحمة الله عليه: لما لاتصنف كتابا فى الزهد؟ قال:
قد صنفت كتابا فى البيوع، يعنى: الزاهد من يحترز عن الشبهات والمكروهات فى
التجارات.
Muhammad
bin Al-Hasan -rahmatullahi ‘alaih- pernah ditanya; Mengapa tuan tidak menyusun
kitab tentang zuhud?. Beliau menjawab; “aku telah mengarang kitab tentang jual
beli”. Maksudnya; Yang dikatakan orang zuhud ialah orang menjaga diri dari perkara
syub_hat (tidak jelas halal haramnya) dan perkara makruh dalam berdagang.
وكذلك يجب فى سائر المعاملات والحرف، وكل من اشتغل بشيئ منها يفترض
عليه علم التحرز عن الحرام فيه.
Demikian
pula bagi setiap muslim wajib menjaga diri dari perkara syub_hat dalam berbagai
macam mu’amalat dan keterampilan, sebab setiap orang yang berkecimpung dalam
dunia mu’amalat, wajib atasnya untuk mengetahui ‘ilmu menjaga diri dari perkara
yang diharamkan.
وكذلك يفترض عليه علم أحوال القلب من التوكل والإنابة والخشية والرضى،
فإنه واقع فى جميع الأحوال.
Dan
bagi setiap muslim juga diwajibkan mengetahui tentang keadaan hati, mulai dari
tawakkal (berserah diri kepada Allah), taubat (kembali kepada Allah), takut
(kepada Allah) dan ridla (dengan hukum dan ketentuan Allah). Karena semua itu
pun terjadi dalam segala keadaan.
B. Keutamaan Ilmu.
وشرف العلم لايخفى على أحد إذ هو المختص بالإنسانية لأن جميع الخصال
سوى العلم، يشترك فيها الإنسان وسائر الحيوانات: كالشجاعة والجراءة والقوة والجود
والشفقة وغيرها سوى العلم.
Adapun
kemuliaan ‘ilmu tidak seorang pun yang meragukannya, sebab ‘ilmu merupakan shifat
yang khusus diberikan kepada umat manusia. Karena selain ‘ilmu, bisa dimiliki
oleh manusia dan binatang, seperti shifat pemberani, kuat, pengasih, penyayang
dan lainnya yang selain ‘ilmu.
وبه أظهر الله تعالى فضل آدم عليه السلام على الملائكة، وأمرهم
بالسجود له.
Dan
dengan ‘ilmu Allah Ta’ala menampakkan keutamaan Nabi Adam ‘alaihissalam diatas
para malaikat sehingga para malaikat di perintah untuk sujud hormat kepadanya.
وإنما شرف العلم بكونه وسيلة الى البر والتقوى، الذى يستحق بها المرء
الكرامة عند الله، والسعادة والأبدية، كما قيل لمحمد بن الحسن بن عبد الله شعرا:
‘Ilmu tidaklah menjadi mulia dan utama kecuali karena ‘ilmu adalah
sebagai perantara menuju kebaikan dan takwa, dan dengan takwa sesorang pantas
mendapatkan kemuliaan di sisi Allah, keberuntungan abadi, sebagaimana yang
dikatakan Muhammad bin Hasan bin ‘Abdullah dalam sya’irnya;
تَعَلَّمْ
فَإِنَّ الْعِلْمَ زَيْنٌ لِأَهْلِهِ # وَفَضْلٌ وَعُنْوَانٌ لِكُلِّ مَحَامِدِ
Belajarlah, karena ‘ilmu itu sebagai hiasan
bagi ahlinya # merupakan keutamaan dan tanda dari segala perbuatan terpuji
وَكُنْ
مُسْتَفِيْدًا كُلَّ يَوْمٍ زِيَادَةً # مِنَ الْعِلْمِ وَاسْبَحْ فِى بُحُوْرِ الْفَوَائِدِ
Jadilah kamu seorang yang setiap hari
memperoleh faidah # ‘ilmu, dan berenanglah dalam luasnya samudera faidah
تَفَقَّهْ
فَإِنَّ الْفِقْهَ أَفْضَلُ قَائِدِ # إِلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَأَعْدَلُ قَاصِدِ
Belajarlah ‘ilmu Fiqih, karena ‘ilmu Fiqih merupakan
sebaik-baik penuntun # menuju kebaikan dan takwa, dan merupakan penuntun yang
paling adil
هُوَ الْعِلْمُ
الْهَادِى إِلَى سَنَنِ الْهُدَى # هُوَ الْحِصْنُ يُنْجِى مِنْ جَمِيْعِ الشَّدَائِدِ
Ia merupakan
penunjuk jalan menuju jalan-jalan petunjuk (yang lurus) # dan ia adalah benteng
yang dapat menyelamatkan dari segala marabahaya
فَإِنَّ فَقِيْهًا وَاحِدًا مُتَوَرِّعًا # أَشَدُّ
عَلَى الشَّيْطَانِ مِنْ أَلْفِ عَابِدِ
Sesungguhnya
seorang ahli Fiqih yang wira’iy (yang menjauhkan diri dari perkara syub_hat) #
adalah lebih berat bagi syaitan daripada
seribu orang ahli ‘ibadah (tapi bodoh)
C.
Belajar Ilmu Akhlaq
وكذلك فى سائر الأخلاق نحو الجود، والبخل، والجبن، والجراءة، والتكبر
والتواضع، والعفة والإسراف والتقتير وغيرها، فإن الكبر، والبخل، والجبن، والإسراف
حرام، ولا يمكن التحرز عنها إلا بعلمها، وعلم ما يضادها، فيفترض على كل إنسان
علمها.
Demikian
pula, bagi setiap muslim wajib mengetahui dan mempelajari akhlak yang terpuji
maupun yang tercela, seperti pemurah dan pelit, penakut dan pemberani, sombong
dan rendah diri, sederhana dan berlebih-lebihan, ngirit dan lain sebagainya.
Karena sombong, pelit, penakut, dan berlebih-lebihan adalah haram, dan
seseorang tidak mungkin dapat menghindar darinya kecuali ia mengetahuinya dan
mengetahui sifat-sifat yang berlawanan dengannya. Maka dari itu wajib bagi
setiap muslim untuk mengetahuinya.
وقد صنف السيد الإمام الأجل الأستاذ الشهيد ناصر الدين أبو القاسم
كتابا فى الأخلاق ونعم ما صنف، فيجب على كل مسلم حفظها.
Sungguh
as Sayyid al Imam al Ajal al Ustadz asy Syahid Nashiruddin Abu al Qasim telah
menyusun suatu kitab tentang akhlak, dan itu merupakan sebaik-baik kitab yang
beliau tulis. Maka wajib bagi setiap muslim untuk memelihara akhlaknya.
D. Ilmu
Yang Fardu Kifayah dan Yang Haram Dipelajari.
وأما حفظ ما يقع فى بعض الأحايين ففرض على سبيل الكفاية، إذا قام به
البعض فى بلدة سقط عن الباقين، فإن لم يكن فى البلدة من يقوم به اشتركوا جميعا فى
المأثم، فيجب على الإمام أن يأمرهم بذلك، ويجبر أهل البلدة على ذلك.
Adapun
mempelajari dan memelihara ‘ilmu yang akan dilakukan pada saat-saat tertentu
(seperti shalat janazah) adalah fardlu kifayah. Apabila dalam suatu daerah
telah ada sebagian orang yang mempelajarinya, maka gugurlah kewajiban yang
lainnya, namun apabila dalam suatau daerah tidak ada seorangpun yang
mempelajarinya, maka semuanya berdosa. Oleh sebab itu wajib bagi kepala daerah
memerintahkan dan memaksa penduduk daerah itu untuk mempelajarinya.
فقيل: بأن علم ما يقع على نفسه فى جميع الأحوال بمنزلة الطعام لابد
لكل واحد من ذلك.
وعلم ما يقع فى بعض الأحايين بمنزلة الدواء يحتاج إليه فى بعض الأوقات.
وعلم النجوم بمنزلة المرض، فتعلمه حرام، لأنه يضر ولاينفع، والهرب عن قضاء الله
تعالى وقدره غير ممكن.
Dikatakan
bahwa mempelajari ‘ilmu yang terjadi pada dirinya pada setiap saat kedudukannya
sama seperti makanan, mau tidak mau masing-masing orang harus mempelajarinya.
Dan mempelajari ‘ilmu yang akan terjadi pada saat-saat tertentu kedudukannya
sama seperti obat, ia hanya dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu.
Sedangkan
mempelajari ‘ilmu perbintangan kedudukannya sama seperti rasa sakit, hukum
mempelajarinya adalah haram, karena ia membahayakan dan tidak bermanfa’at,
sebab lari menghindar dari qadla’ dan qadar Allah Ta’ala adalah tidak mungkin.
فينبغى لكل مسلم أن يشتغل فى جميع أوقاته بذكر الله تعالى والدعاء،
والتضرع، وقراءة القرآن، والصدقات الدافعة للبلاء، ويسأل الله تعالى العفو
والعافية فى الدنيا والآخرة ليصونه الله تعالى عن البلاء والآفات، فإن من رزق
الدعاء لم يحرم الإجابة. فإن كان البلاء مقدرا يصيبه لامحالة، ولكن يبسره الله
تعالى عليه ويرزقه الصبر ببركة الدعاء.
Seharusnya
bagi setiap muslim menyibukkan diri dalam setiap waktunya dengan berdzikir
kepada Allah Ta’ala, berdo’a, merendahkan diri, membaca al Qur’an, bersedekah
sebagai penolak balak musibah, dan memohon kesehatan serta ampunan kepada Allah
Ta’ala di dunia dan di akhirat agar Allah Ta’ala senantiasa menjaganya dari
bencana dan malapetaka. Karena sesungguhnya barangsiapa yang mendapatkan
karunia dapat berdo’a, niscaya do’anya akan dikabulkan. Memang apabila suatu
musibah telah ditakdirkan baginya, pasti ia akan menimpanya, namun Allah Ta’ala
akan meringankannya dan akan memberinya kesabaran berkat do’a tersebut.
اللهم إلا إذا تعلم من النجوم قدرما يعرف به القبلة، وأوقات الصلاة
فيجوز ذلك
Ya
Allah, hindarkanlah kami dari ‘ilmu nujum.
Pada
dasarnya mempelajari ‘ilmu nujum (perbintangan) adalah haram, kecuali apabila
kamu mempelajari ‘ilmu nujum sekedar untuk mengetahui arah kiblat dan waktu
shalat, maka demikian itu adalah boleh, (sebab itu hanya sebagai sarana untuk
mengetahui urusan agama).
وأما تعلم علم الطب فيجوز، لأنه سبب من الأسباب فيجوز تعلمه كسائر
الأسباب. فقد تداوى النبى صلى الله عليه السلام،
Adapun
mempelajari ‘ilmu kedokteran, hukumnya adalah boleh. Karena ia merupakan salah
satu sebab dari berbagai macam sebab, maka boleh mempelajarinya sebagaimana
halnya mempelajari sebab-sebab yang lain seperti masalah obat-obatan, karena
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berobat.
وقد حكى عن الشافعى رحمه الله تعالى عليه أنه قال: العلم علمان: علم الفقه
للأديان، وعلم الطب للأبدان، وما وراء ذلك بلغة مجلس.
Diriwayatkan
dari Imam Syafi’i rahimahullah Ta’ala bahwa beliau berkata; “’Ilmu itu
ada dua, yaitu ‘ilmu fiqih untuk mengetahui hukum agama, dan ‘ilmu kedokteran
untuk mengetahui keadaan badan, sedang selain keduanya ibarat sebagai pelengkap
hidangan”.
E. Pengertian Ilmu.
وأما تفسير العلم: فهو صفة يتجلى بها المذكور لمن قامت هى به كما هو.
والفقه: معرفة دقائق العلم.
قال أبو حنيفة رحمة الله عليه: الفقه معرفة النفس ما لها وما عليها.
وقال: ما العلم إلا للعمل به، والعمل به ترك العاجل للآجل.
‘Ilmu
adalah suatu shifat yang dapat menjadikan jelasnya sebuah pengertian bagi
pemiliknya. Sedangkan Fiqih adalah mengetahui ‘ilmu secara rinci.
Imam Abu Hanifah rahmatullahi ‘alaihi berkata; “Fiqih
adalah mengetahui kebaikan dan kejelekan, yang bermanfa’at dan yang
membahayakan diri seseorang”. Dan beliau juga berkata; “Tujuan ‘ilmu tiada lain
selain untuk diamalkan, dan mengamalkan ‘ilmu adalah meninggalkan urusan
duniawi demi mendapatkan kebahagiaan ukhrawi”.
فينبغى للإنسان أن لايغفل عن نفسه، وما ينفعها وما يضرها، فى أولاها واخراها،
فيستجلب ما ينفعها ويجتنب عما يضرها، كيلا يكون عقله وعمله حجة عليه فيزداد عقوبة،
نعوذ بالله من سخطه وعقوبه.
Maka
bagi manusia hendaknya jangan sampai lupa diri (dari mengetahui kelemahan,
kefaqiran serta kefanaan dirinya), dan hendaknya ia mengetahui hal-hal yang
bermanfa’at dan yang membahayakan dirinya di dunia dan di akhirat, lalu ia
mengerjakan apa yang bermanfa’at dan menjahui apa yang membahayakan dirinya,
agar akal dan amalnya tidak menjadi hujjah sehingga dapat menembah siksa
baginya. Kami berlindung kepada Allah dari murka dan siksa-Nya.
وقد ورد فى مناقب العلم وفضائله، آيات وأخبار صحيحة مشهورة لم نشتغل
بذكرها كى لايطول الكتاب.
Sungguh
banyak ayat-ayat Al Qur'an dan hadits-hadits shahih yang masyhur yang telah menjelaskan
tentang keagungan ‘ilmu dan keutamaannya. Namun disini kami tidak akan
mengemukakannya agar kitab ini tidak terlalu panjang.
(((Diantaranya
sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Darda' radliyallahu Ta’ala ‘anh
bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا
سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجنَّة وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ
لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ. وَإِنَّ الْعَالِمَ
لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَ كُلُّ شَيْءٍ
حَتَّى الْحِيتَانُ فِي جَوْفِ الْمَاءِ. وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى
الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ.
وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ
يُوَرِّثُوا دِرْهَمًا وَلَا دِيْنَارًا وَإِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ
أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ.
Komentar
Posting Komentar