Surat Wasiyat al-Ghazaliy Bagi Para Pelajar Kitab Ayyuhal Walad Bag 17

Surat Wasiyat al-Ghazaliy
Bagi Para Pelajar
Kitab Ayyuhal Walad
Bag. 17 (Khatam)




أَيُّهَا الْوَلَدُ..!!
إِنِّي كَتَبْتُ فِي هَذَا الْفَصْلِ مُلْتَمَسَاتِكَ، فَيَنْبَغِي لَكَ أَنْ تَعْمَلَ بِهَا وَلَا تَنْسَانِي فِيْهِ مِنْ أَنْ تَذْكُرَنِي فَي صَالِحِ دُعَائِكَ.

Wahai anakku !.
Sesungguhnya aku telah menulis semua permohonanmu dalam pasal ini, maka seharusnya kamu mengamalkannya, dan tidak melupakanku dalam hal ini pada setiap do’a baikmu.


وَأَمَّا الدُّعَاءُ الَّذِي سَأَلْتَ مِنِّي فَاطْلُبْهُ مِنْ دَعَوَاتِ الصِّحَاحِ، وَاقْرَأْ هَذَا الدُّعَاءَ فِي جَمِيْعِ أَوْقَاتِكَ، خُصُوْصًا أَعْقَابَ صَلَوَاتِكَ:

Adapun do’a yang kamu minta dariku, carilah do’a-do’a dari hadits yang shahih, dan bacalah do’a ini pada setiap waktumu terutama setiap setelah shalat;

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ التِّعْمَةِ تَمَامَهَا، وَمِنَ الْعِصْمَةِ دَوَامَهَا، وَمِنَ الرَّحْمَةِ شُمُوْلَهَا، وَمِنَ الْعَافِيَةِ حُصُوْلَهَا، وَمِنَ الْعَيْشِ أَرْغَدَهُ، وَمِنَ الْعُمْرِ أَسْعَدَهُ وَمِنَ الْإِحْسَانِ أَتَمَّهُ، وَمِنَ الْإِنْعَامِ أَعَمَّهُ، وَمِنَ الْفَضْلِ أَعْذَبَهُ، وَمِنَ اللُّطْفِ أَنْفَعَهُ.

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ni’mat yang sempurna, penjagaan yang berkesinambungan, rahmat yang menyeluruh, kesehatan yang berlangsung, penghidupan yang ma’mur, umur yang menguntungkan, kebaikan yang sempurna, keni’matan yang utuh, anugerah yang menyenangkan dan kelemah lembutan yang bermanfa’at.

اَللَّهُمَّ كُنْ لَنَا وَلَا تَكُنْ عَلَيْنَا،

Ya Allah, jadikanlah kebaikan untuk diri kami dan janganlah Engkau menjadikan kejelekan pada diri kami.

اَللَّهُمَّ اخْتِمْ بِالسَّعَادَةِ آجَالَنَا، وَحَقِّقْ بِالزِّيَادَةِ آمَالَنَا، وَاقْرِنْ بِالْعَافِيَةِ غُدُوَّنَا وَآصَالَنَا، وَاجْعَلْ اِلَى رَحْمَتِكَ مَصِيْرَنَا وَمَآلَنَا، وَاصْبُبْ سَجَالَ عَفْوِكَ عَلَى ذُنُوْبِنَا، وَمُنَّ عَلَيْنَا بِإِصْلَاحِ عُيُوْبِنَا، وَاجْعَلِ التَّقْوَى زَادَنَا، وَفِي دِيْنِكَ اِجْتِهَادَنَا، وَعَلَيْكَ تَوَكُّلَنَا وَاعْتِمَادَنَا.

Ya Allah, akhirilah kehidupan kami dengan penuh kebahagiaan, lengkapilah harapan kami dengan penuh tambahan, iringilah pagi dan petang kami dengan penuh kesehatan, jadikanlah rahmat-Mu sebagai tempat kembali dan tujuan kami, curahkanlah pemberian ampunan-Mu atas dosa-dosa kami, anugarahilah kami dengan memperbaiki aib-aib kami, jadikanlah taqwa sebagai bekal kami dan kerja keras kami di dalam menjalankan agama-Mu, dan hanya kepada-Mu kami berserah dan bersandar.

اَللَّهُمَّ ثَبِّتْنَا عَلَى نَهْجِ الْاِسْتِقَامَةِ، وَأَعِذْنَا فِي الدُّنْيَا مِنْ مُوْجِبَاتِ النَّدَامَةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَخَفِّفْ عَنَّا ثِقَلَ الْأَوْزَارِ، وَارْزُقْنَا عَيْشَةَ الْأَبْرَارِ، وَاكْفِنَا مَا أَهَمَّنَا فِى هَذِهِ الدَّارِ وَفِى تِلْكَ الدَّارِ، وَاصْرِفْ عَنَّا شَرَّ الْأَشْرَارِ وَكَيْدَ الْفُجَّارِ، وَاعْتِقْ رِقَابَنَا، وَرِقَابَ آبَائِنَا، وِأُمَّهَاتِنَا وَإِخْوَانِنَا وَأَخَوَاتِنَا وَمَشَايِخِنَا مِنَ النَّارِ، بِرَحْمَتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ، يَا كَرِيْمُ، يَا سَتَّارُ، يَاخَالِقُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، خَلِّصْنَا مِنْ هَمِّ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْقَبْرِ وَالنَّارِ، يَا حَلِيْمُ يَا جَبَّارُ يَا اللهُ.. يَا اللهُ.. يَا اللهُ.. بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَيَا أَوَّلَ الْأَوَّلِيْنَ، وَيَا آخِرَالْأَخِرِيْنَ، وَياَ ذَاالْقُوَّةِ الْمَتِيْنِ، وَيَا رَاحِمَ الْمَسَاكِيْنِ، وَيَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Ya Allah, tetapkanlah kami di jalan istiqamah, lindungilah kami di dunia dari perbuatan yang menyebabkan menyesal kelak pada hari kiamat, ringankanlah atas diri kami akan beratnya dosa-dosa, berilah kami penghidupan sebagaimana penghidupan orang-orang yang baik, jauhkanlah kami dari perkara yang menyusahkan kami di dunia dan di akhirat, hindarkanlah kami dari kejahatan orang-orang yang jahat dan dari tipu daya orang-orang yang durhaka, bebaskanlah kami, bapak kami, ibu kami, saudara laki-laki dan saudara perempuan kami serta guru-guru kami dari api neraka dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Perkasa, wahai Dzat Yang Maha Pengampun, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Menutupi ‘aib, wahai Dzat Yang Menjadikan malam dan siang selamatkanlah kami dari kesusahan dunia, siksa kubur dan api neraka, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Maha Pemaksa, Ya Allah… Ya Allah… Ya Allah… berkat rahmatmu wahai Dzat Yang Maha Penyayang di antara para penyayang, wahai Dzat Yang Awal tanpa awalan, wahai Dzat Yang Maha Akhir tanpa akhiran, wahai Dzat Yang Memiliki kekuatan lagi sangat kokoh, wahai Dzat Yang Menyayangi orang-orang miskin, wahai Dzat Yang Maha Mengasihi orang-orang yang pengasih, tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berbuat aniaya. Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Nabi Muhammad, seluruh keluarga,serta shahabatnya. Walhamdu lillahi rabbil ‘aalamin.



Penutup;

Alhamdulillah, Penerjemahan Kitab “AYYUHAL WALAD” Telah Selesai Di Bengkulu Tengah (BENTENG) Pada Hari Kamis Setelah Asar tanggal 02 Dzulhijjah 1438 H. / 24 Agustus 2017 M.
Semoga Allah Ta’ala Senantiasa Menjadikan Kitab Ini Bermanfa’at Bagi Kita Semua, Serta Senantiasa Memberikan Rahmat, Maghfirah Dan Ridla-Nya Kepada Penyusun Kitab Ini, Penulisnya, Pembacanya, Kaum Muslimin Dan Muslimat Seluruhnya. Amin.



إن تجد فى التركيب والإعراب # عـيـبا فكن مـصلحا بالتـصويب



Tammat
Wallahu ‘A’lam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 5

Kunci Sukses Menuntut Ilmu Fasal 4

الا لا تنال العلم الا بستة