RINGKASAN ILMU HADITS BAG 1
RINGKASAN ‘ILMU HADITS
Penulis; Syamsul Arifin
الحمد لله
الذي نزل الكتاب تبيانا لكل شيئ وهدا ورحمة وبشرا للمسلمين ، والصلاة والسلام على
النبي الأمين المبعوي بالسنة الطاهرة ، وعلى آله وأصحابه أولى المناقب الفاخرة ،
فى الدين والدنيا والآخرة .
مصطلح الحديث
Mushthalah Hadits
تعريفه :
مصطلح الحديث: علم يعرف به حال الراوي
والمروي من حيث القَبول والرد.
Definisi Mushthalahul Hadits adalah; ‘Ilmu untuk mengetahui
keadaan seorang periwayat Hadits dan yang diriwayatkannya dari segi diterima
dan ditolaknya.
وموضوعه السند والمتن من حيث ذلك .
Sasarannya adalah Sanad dan Matan dari segi diterima dan
ditolaknya.
الحديث -
الخبر - الأثر - الحديث القدسي:
Hadits - Khabar - Atsar - Hadits Qudsy
الحديث: ما أضيف إلى النبي صلّى الله عليه
وسلّم من قول، أو فعل، أو تقرير، أو وصف.
Hadits ialah; Sesuatu yang disandarkan kepada Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir (penetapan) atau
sifat.
الخبر: بمعنى الحديث؛ فَيُعَرَّف بما سبق في
تعريف الحديث.
Khabar ialah; Berma’na sama dengan Hadits, dengan demikian ia
didefinisikan sama seperti Hadits.
وقيل: الخبر ما أضيف إلى النبي صلّى الله
عليه وسلّم وإلى غيره؛ فيكون أعم من الحديث وأشمل.
Ada juga yang berpendapat; Khabar ialah sesuatu yang disandarkan
kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau pada selainnya, dengan demikian
pengertiannya lebih umum dan luas daripada Hadits.
الأثر: ما أضيف إلى الصحابي أو التابعي، وقد
يراد به ما أضيف إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم مقيداً فيقال: وفي الأثر عن النبي
صلّى الله عليه وسلّم.
Atsar ialah; Sesuatu yang disandarkan kepada shahabat dan tabi’in
(generasi setelah sahabat). Terkadang Atsar dimaksudkan dengan sesuatu yang
disandarkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (Hadits) apabila
disertakan kata; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti perkataan; Dalam
Atsar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (Hadits Nabi).
الحديث القدسي: ما رواه النبي صلّى الله عليه
وسلّم عن ربه - تعالى -، ويسمى أيضاً (الحديث الرباني) و(الحديث الإلهي)
مثاله : قوله صلّى الله عليه وسلّم فيما
يرويه عن ربه - تعالى - أنه قال: " أَنَا
عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى وَأَنَا مَعَهُ حِينَ يَذْكُرُنِى إِنْ ذَكَرَنِى فِى
نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِى نَفْسِى وَإِنْ ذَكَرَنِى فِى مَلإٍ ذَكَرْتُهُ فِى مَلإٍ
هُمْ خَيْرٌ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ مِنِّى شِبْرًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ
ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ مِنْهُ بَاعًا وَإِنْ
أَتَانِى يَمْشِى أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً ".
Hadits Qudsi ialah; Hadits yang diriwayatkan Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam dari Tuhannya (Allah Subhaanahu wa Ta’ala). Hadits Qudsi juga
dinamakan Hadits Rabbany dan Hadits Ilaahy, seperti sabda Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam tentang apa yang diriwayatkan dari Tuhannya, Allah Ta’ala
berfirman;
"
أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى وَأَنَا مَعَهُ حِينَ يَذْكُرُنِى إِنْ ذَكَرَنِى
فِى نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِى نَفْسِى وَإِنْ ذَكَرَنِى فِى مَلإٍ ذَكَرْتُهُ فِى
مَلإٍ هُمْ خَيْرٌ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ مِنِّى شِبْرًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ
ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ مِنْهُ بَاعًا وَإِنْ
أَتَانِى يَمْشِى أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً ".
“Aku sesuai sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya
selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku akan
mengingatnya dalam Diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang, maka
Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu
jengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya satu hasta, jika ia mendekat
kepada-Ku satu hasta, maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia
mendatangi-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatanginya dengan berlari”.
ومرتبة الحديث القدسي بين القرآن والحديث
النبوي، فالقرآن الكريم ينسب إلى الله تعالى لفظاً ومعنىً، والحديث النبوي ينسب
إلى النبي صلّى الله عليه وسلّم لفظاً ومعنىً ، والحديث القدسي ينسب إلى الله
تعالى معنىً لا لفظاً، ولذلك لا يتعبد بتلاوة لفظه، ولا يقرأ في الصلاة، ولم يحصل
به التحدي، ولم ينقل بالتواتر كما نقل القرآن، بل منه ما هو صحيح وضعيف وموضوع.
Komentar
Posting Komentar